The Fed Naikkan Suku Bunga AS Menjadi 1,75 Persen

911

(Vibiznews – Economy & Business) Federal Reserve AS, yang dipimpin oleh Jerome Powell dalam pertemuan pertamanya sebagai ketua, menyetujui kenaikan seperempat poin yang sudah diperkirakan secara luas, yang menempatkan suku bunga acuan baru naik dari 1,5 persen menjadi 1,75 persen. Itu adalah kenaikan tingkat enam sejak pembuat kebijakan Federal Open Market Committee mulai menaikkan suku bunga mendekati nol pada bulan Desember 2015.

Tingkat suku bunga terkait erat dengan tingkat suku bunga konsumen, yang umumnya meningkat segera setelah the Fed bergerak.

Seiring dengan peningkatan, datang peningkatan lain dalam proyeksi ekonomi Fed, dan sebuah petunjuk bahwa jalur kenaikan suku bunga bisa lebih agresif. Pasar saat ini memperkirakan tiga kenaikan untuk 2018, tetapi setidaknya satu peningkatan lagi ditambahkan dalam dua tahun berikutnya.

”Pandangan ekonomi telah menguat dalam beberapa bulan terakhir,” kata komite itu dalam pernyataan pasca-pertemuannya, sebuah kalimat yang belum ada dalam rilis sebelumnya. Bahasa datang meskipun komite mengatakan sebelumnya dalam pernyataan bahwa “aktivitas ekonomi telah meningkat pada tingkat moderat,” penurunan peringkat dari karakterisasi bulan Januari dari tingkat “padat”.

Laju pertumbuhan sangat penting untuk bagaimana Fed akan melanjutkan kebijakan moneter.

Menurut ringkasan proyeksi ekonomi bahwa FOMC merilis setiap kuartal, tiga kenaikan suku bunga masih merupakan baseline. Namun, satu anggota lagi mengindikasikan tingkat dana yang lebih tinggi, perkiraan kemungkinan akan mencapai empat.

Ekonom Wall Street semakin memproyeksikan langkah keempat pada 2018, dan pasar berjangka dana mengindikasikan kemungkinan 38 persen sebelum pernyataan komite dirilis.

Keputusan untuk menaikkan suku bunga tersebut dilakukan dengan suara bulat meskipun beberapa anggota mempertanyakan mengapa Fed bergerak dalam tekanan inflasi yang lebih banyak.

Pejabat Fed menaikkan perkiraan mereka untuk pertumbuhan PDB 2017 dari 2,5 persen di bulan Desember menjadi 2,7 persen, dan meningkatkan ekspektasi 2018 dari 2,1 persen menjadi 2,4 persen.

Namun, pertumbuhan cenderung lemah setelah itu, dengan perkiraan 2020 bertahan pada 2 persen dan ukuran jangka panjang masih di 1,8 persen.

Panitia mencatat bahwa pengeluaran rumah tangga dan investasi tetap bisnis, keduanya telah menurun dari pembacaan kuartal keempat mereka yang kuat.

Ekspektasi inflasi sedikit berubah. Perkiraan 2018 tetap hanya 1,9 persen untuk inflasi inti dan utama – inti tidak termasuk harga makanan dan energi. Untuk 2019, perkiraan belanja konsumsi pribadi inti naik lebih tinggi menjadi 2,1 persen dari 2 persen, sementara inflasi konsumen tetap di 2 persen. Panitia mendorong tingkat 2020 naik dari 2 persen menjadi 2,1 persen untuk inti dan judul.

Harapan inflasi tueun sangat diharapkan mengingat pejabat Fed sekarang melihat pengangguran berjalan lebih rendah dari sebelumnya. Saat ini sebesar 4,1 persen, para pejabat sekarang melihat tingkat untuk 2018 pada 3,8 persen, turun dari 3,9 persen perkiraan Desember, dan 2019 jatuh sampai 3,6 persen dari perkiraan awal 3,9 persen. Perkiraan 2020 juga turun, dari 4 persen menjadi 3,6 persen.

Pejabat Fed umumnya percaya pada Kurva Phillips, yang menunjukkan bahwa pengangguran menurun akan bertindak sebagai dorongan untuk inflasi. Itu belum terjadi selama pemulihan, karena Fed terus mempertahankan target inflasi 2 persen.

Pasar bereaksi kuat terhadap ketakutan inflasi singkat pada awal Februari. Penghasilan per jam rata-rata naik ke pemulihan-tinggi 2,9 persen untuk Januari, tetapi moderat menjadi 2,6 persen pada Februari. Indeks harga konsumen juga melonjak pada Januari tetapi naik sesuai dengan harapan pada Februari.

Indeks pengeluaran konsumsi pribadi pilihan The Fed saat ini berjalan sekitar 1,7 persen.

Asido Situmorang, Senior Analyst, Vibiz Research Center, Vibiz Consulting Group

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here