Bursa Wall Street Berakhir Rally Pasca Pidato Jinping

717
wall street

(Vibiznews – Index) Bursa Saham AS rally pada akhir perdagangan Rabu dinihari (11/04) setelah pidato Presiden China yang berencana membuka ekonomi negara itu, mengurangi kekhawatiran perang perdagangan.

Indeks Dow Jones ditutup 428,90 poin lebih tinggi pada 24.408, dengan Boeing sebagai saham berkinerja terbaik dalam indeks.

Indeks S & P 500 naik 1,8 persen menjadi ditutup pada 2.656,87, dengan energi memimpin sembilan dari 11 sektor lebih tinggi.

Indeks Komposit Nasdaq naik 1,7 persen menjadi 7.094,30.

Boeing dan Caterpillar keduanya meningkat lebih dari 3 persen karena kekhawatiran perang dagang mereda.

Presiden China Xi Jinping membahas rencana Selasa untuk lebih membuka ekonomi negara itu, dengan langkah-langkah termasuk menurunkan tarif impor pada mobil, menegakkan kekayaan intelektual hukum kelompok asing dan mengurangi tugas pada produk konsumen lainnya.

Saham produsen AS melompat pada berita tersebut. Ford Motor naik 1,8 persen, sementara General Motors dan Tesla naik 3,3 persen dan 5,2 persen, masing-masing. Fiat Chrysler juga naik 2 persen.

Harga minyak mentah naik lebih dari 3 persen, menembus di atas $ 65 per barel. Kenaikan kuat minyak mendorong saham energi. Dana SPDR Sektor Energi Pilih (XLE) melonjak 3,3 persen dan memposting hari terbaiknya sejak 30 November 2016.

Pidato Xi juga meningkatkan sentimen pasar di luar negeri Selasa, dengan pasar di Eropa dan Asia diperdagangkan lebih tinggi selama sesi masing-masing. Investor berada di tepi baru-baru ini di tengah kekhawatiran bahwa AS dan China dapat saling terlibat dalam perang dagang.

Di tempat lain, saham Facebook naik lebih dari 4 persen sebagai CEO Mark Zuckerberg bersaksi di depan Kongres menyusul berita bahwa Cambridge Analytica mampu mengakses data pribadi jutaan pengguna tanpa persetujuan mereka.

Zuckerberg mengatakan perusahaan tidak memberi tahu Federal Trade Commission tentang kebocoran, mencatat: “Kami menganggapnya sebagai kasus tertutup.”

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan bursa Wall Street akan bergerak positif dengan meredanya ketegangan perdagangan AS-Tiongkok. Juga jika malam nanti data inflasi Maret AS meningkat, dapat mendukung bursa Wall Street.

Asido Situmorang, Senior Analyst, Vibiz Research Center, Vibiz Consulting Group

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here