Bursa Wall Street Merosot Terpengaruh Ketegangan AS-Rusia

747

(Vibiznews – Index) Bursa Saham AS jatuh pada akhir perdagangan Kamis dinihari (12/04) setelah Presiden Donald Trump mengejek Rusia di Twitter untuk kemungkinan serangan rudal ke Suriah.

Indeks Dow Jones ditutup 218,55 poin lebih rendah pada 24.189,45 karena Boeing turun 2,2 persen.

Indeks S & P 500 turun 0,6 persen menjadi 2,642.19, dengan telekomunikasi dan keuangan turun lebih dari 1 persen masing-masing.

Indeks Komposit Nasdaq turun 0,4 persen menjadi ditutup pada 7,069,03.

Trump mengatakan dalam tweet: “Rusia bersumpah untuk menembak jatuh beberapa dan semua rudal yang ditembakkan ke Suriah. Bersiaplah Rusia, karena mereka akan datang, baik dan baru dan ‘pintar!’ Anda seharusnya tidak bermitra dengan “Gas Killing Animal” yang membunuh orang-orangnya dan menikmatinya! “

Bank membantu memimpin penurunan. Saham Citigroup, Morgan Stanley dan Goldman Sachs semua ditutup lebih rendah.

Aset safe haven seperti emas dan Treasury AS naik merespon berita itu. Harga minyak mentah juga melonjak lebih tinggi.

Sebelumnya, S & P 500 dan Nasdaq menghapus kerugian mereka, sementara Dow diperdagangkan dengan baik dari posisi terendahnya.

Ancaman presiden datang setelah duta besar Rusia untuk Libanon mengatakan kepada media lokal bahwa Rusia akan menembak jatuh rudal-rudal Amerika menuju jalan Suriah. Ini mengikuti serangan senjata kimia yang diduga dilakukan oleh Presiden Bashar Assad yang menewaskan puluhan orang di daerah yang dikuasai pemberontak selama akhir pekan.

BlackRock dan Delta Air Lines memulai musim laba kuartal pertama pada Kamis, dengan J.P. Morgan Chase, Citigroup dan Wells Fargo dijadwalkan melaporkan Jumat.

Investor memiliki ekspektasi tinggi untuk musim laba ini. Menurut FactSet, pendapatan S & P 500 diperkirakan tumbuh 17,1 persen pada kuartal terakhir. Itu akan menjadi pertumbuhan laba kuartalan terbesar sejak kuartal pertama tahun 2011, ketika mereka naik 19,5 persen.

Pergerakan Rabu datang setelah Wall Street melihat kenaikan kuat selama sesi Selasa, dengan Dow mengumpulkan lebih dari 400 poin untuk ditutup pada 24.408.

Sentimen pasar optimis pada Selasa setelah Presiden China Xi Jinping membahas rencana untuk lebih membuka ekonomi negaranya, menyarankan langkah-langkah yang termasuk menurunkan tarif impor pada produk termasuk otomotif.

Dalam data, risalah dari pertemuan Maret Komite Pasar Terbuka Federal menunjukkan bahwa “semua” anggota komite melihat perekonomian AS tumbuh pada kecepatan yang kuat. Mereka juga melihat kenaikan inflasi, yang akan membenarkan kenaikan suku bunga.

Dalam berita perusahaan, saham Netflix muncul hampir 2 setelah analis di Goldman Sachs menaikkan target harga mereka pada saham menjadi $ 360 dari $ 315.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan bursa Wall Street akan bergerak negatif jika ketegangan AS-Rusia dan Timur Tengah masih terus berlangsung.

Asido Situmorang, Senior Analyst, Vibiz Research Center, Vibiz Consulting Group

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here