Bursa Eropa Berakhir Rebound; DAX Jerman Melonjak 1,6 Persen

712

(Vibiznews – Index) Pasar Saham Eropa berakhir positif pada Selasa malam (17/04), terdukung laporan laba emiten yang meningkat.

Pan-Eropa STOXX 600 menutup sesi naik 0,8 persen, dengan hampir semua sektor berakhir positif.

Di seluruh pasar, bursa-bursa utama berakhir lebih tinggi, dengan DAX Jerman melonjak 1,57 persen, sedangkan FTSE 100 Inggris meningkat 0,39 persen dan CAC 40 Prancis naik 0,76 persen.

Pasar di wilayah tersebut menerima dorongan dalam perdagangan sore dari awal yang kuat untuk sesi di bursa Wall Street, di mana Dow melonjak 250 poin di sekitar penutupan Eropa.

Saham sumber daya dasar – dengan eksposur berat mereka ke China – berada di antara sektor berkinerja terbaik pada Selasa, melompat 1,3 persen setelah data PDB yang kuat dari Beijing. Ekonomi tumbuh 6,8 persen selama tiga bulan pertama 2018, melampaui ekspektasi. Polymetal, ArcelorMittal dan Anglo American termasuk di antara mereka yang memimpin perolehan sektoral, semuanya ditutup naik 2 persen atau lebih.

Namun sektor barang-barang rumah tangga berakhir di zona merah, satu-satunya sektor yang lemah. Raksasa obat Reckitt Benckiser merosot ke arah dasar patokan Eropa, turun 3,2 persen, setelah Credit Suisse menurunkan peringkatnya pada saham menjadi “berkinerja buruk” dari “netral.”

Melihat saham individu, Genmab melonjak ke puncak indeks setelah melaporkan penjualan obat Darzalex yang lebih tinggi dari yang diharapkan pada kuartal pertama. Saham Genmab melonjak 8,74 persen pada penutupan.

Intrum Swedia Justitia melonjak 8 persen setelah dilaporkan mengajukan tawaran yang mengikat untuk unit penagihan utang Intesa Sanpaolo. Kesepakatan, yang diatur untuk ditinjau oleh bank Italia pada hari Selasa, bisa menyingkirkan pemberi pinjaman sekitar $ 13 miliar dari utang macet. Saham pemberi pinjaman Italia ditutup naik hampir 1 persen.

Di tempat lain, Associated British Foods naik lebih dari 4 persen setelah melaporkan pendapatan terbaru, yang melihat perusahaan mempertahankan prospek setahun penuh.

Kepercayaan investor global tampak membaik pada Selasa menyusul spekulasi serangan rudal gabungan oleh kekuatan Barat ke Suriah tidak akan mengarah pada serangan yang berkepanjangan. Pada hari Sabtu, AS, Inggris dan Prancis meluncurkan lebih dari 100 rudal yang menargetkan situs pemerintah Suriah sebagai tanggapan terhadap kemungkinan serangan gas beracun di negara itu awal bulan ini.

Di depan data, sebuah survei menunjukkan suasana hati di kalangan investor Jerman runtuh pada bulan April, mencerminkan kegelisahan meningkat tentang ekonomi terbesar Eropa yang berpotensi menemukan dirinya rentan terhadap perselisihan perdagangan yang sedang berlangsung antara AS dan China.

Lembaga riset ZEW Jerman mengatakan survei bulanan menemukan sentimen ekonomi di kalangan investor merosot untuk ketiga bulan berturut-turut ke -8,2 – level terendah sejak November 2012.

Sore nanti akan dirilis data Inflation Rate Maret Zona Eropa yang diindikasikan meningkat.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan bursa eropa akan bergerak positif mengikuti penguatan bursa Wall Street. Juga jika malam nanti data Inflation Rate terealisir meningkat akan dapat menguatkan bursa Eropa.

Asido Situmorang, Senior Analyst, Vibiz Research Center, Vibiz Consulting Group

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here