Pertumbuhan Ekonomi Zona Eropa Q1 Melambat

763

(Vibiznews – Business & Economy) Pertumbuhan ekonomi zona Eropa melambat pada kuartal pertama 2018 seperti yang diperkirakan, sementara para ekonom mengatakan beberapa faktor sementara membantu menjelaskan perlambatan dan survei menunjukkan bahwa pertumbuhan akan pulih kembali.

Produk Domestik Bruto (PDB) musiman dari kawasan Eropa naik 0,4 persen pada kuartal pertama kuartal ke kuartal, lebih lambat dari tingkat pertumbuhan 0,7 persen pada bulan sebelumnya, menurut perkiraan awal flash yang diterbitkan oleh Eurostat, Badan statistik Uni Eropa, Rabu (02/05).

Analis mengatakan faktor sementara, termasuk cuaca musim dingin, pekerja yang mogok, kemacetan jangka pendek dan bahkan wabah flu, tampaknya telah membebani pertumbuhan PDB pada Q1.

Tetapi tidak dapat disangkal bahwa pertumbuhan yang mendasari telah melambat karena dorongan tahun lalu dari perdagangan bersih telah memudar. Mengingat tingkat kepercayaan konsumen yang tinggi, ekonom mencurigai bahwa pertumbuhan konsumsi akan meningkat di Q2 dan membantu mendorong pertumbuhan PDB triwulanan kembali ke sekitar 0,5 persen atau 0,6 persen.

Angka Eurostat menunjukkan bahwa PDB zona Eropa naik 2,5 persen pada kuartal pertama dibandingkan dengan kuartal yang sama tahun 2017, juga melambat dari tingkat 2,8 persen pada kuartal sebelumnya.

Asido Situmorang, Senior Analyst, Vibiz Research Center, Vibiz Consulting Group

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here