Bursa Wall Street Berakhir Naik Terbantu Penguatan Sektor Energi

727
Bursa Wall Street - Vibizmedia Photo

(Vibiznews – Index) Bursa Saham AS berakhir naik pada akhir perdagangan Kamis dinihari (10/05) terdukung lonjakan saham energi seiring rally kuat dalam harga minyak menyusul keputusan Presiden AS Donald Trump untuk menarik AS keluar dari kesepakatan nuklir Iran.

Indeks S & P 500 ditutup 0,9 persen lebih tinggi pada 2.697,79, dengan sektor energi naik 2 persen. Occidental Petroleum adalah salah satu saham berkinerja terbaik di S & P 500, naik 5,4 persen.

Saham teknologi juga mendorong indeks luas, naik 1,4 persen, sementara industri, keuangan dan bahan juga melonjak.

Indeks Dow Jones naik 182,33 poin menjadi 24.542,54, dengan Chevron dan Exxon Mobil di antara saham berkinerja terbaik dalam indeks.

Indeks Komposit Nasdaq naik 1 persen menjadi ditutup pada 7,339.91.

Chevron dan Exxon Mobil keduanya naik lebih dari 1,5 persen, sedangkan the Energy Select Sector SPDR Fund (XLE) naik 2 persen. Minyak AS naik 3 persen berakhir di $ 71,14 per barel.

Trump mengatakan Selasa bahwa AS akan berjalan menjauh dari kesepakatan Iran dan bahwa sanksi terhadap negara Timur Tengah akan dipulihkan. Menjelang pemilihan presiden 2016, ini adalah janji kampanye yang dijanjikan Trump.

Setelah pengumuman tersebut, negara-negara di seluruh dunia bereaksi berbeda. Sementara beberapa negara di Timur Tengah memuji langkah itu, namun sekutu AS di Eropa tidak. Presiden Iran, Hassan Rouhani, mengatakan bahwa negaranya akan terus berkomitmen pada kesepakatan nuklir, menurut Reuters.

Utilitas, sektor yang terpengaruh oleh tingkat yang lebih tinggi, adalah salah satu ruang berkinerja terburuk pada hari Rabu, meluncur 0,7 persen.

Imbal hasil obligasi Treasury 10-tahun pecah di atas tanda 3 persen pada hari Rabu, level yang baru-baru ini menempatkan pasar di tepi. Hasil catatan dua tahun juga diperdagangkan pada level tertingginya dalam hampir satu dekade.

Dalam berita perusahaan, Walmart turun 3,1 persen. Saham pengecer jatuh setelah setuju untuk membeli 77 persen Flipkart seharga $ 16 miliar. Flipkart adalah perusahaan e-commerce yang berbasis di India.

Malam nanti akan dirilis data Inflasi AS bulan April yang diindikasikan meningkat.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan bursa Wall Street dapat bergerak positif jika data Inflasi AS terealisir meningkat.

Asido Situmorang, Senior Analyst, Vibiz Research Center, Vibiz Consulting Group

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here