Bursa Wall Street Mingguan Melonjak Lebih 2 Persen

778
Bursa Wall Street - Vibizmedia Photo

(Vibiznews – Index) Bursa Wall Street berakhir sebagian besar menguat pada akhir perdagangan akhir perkan. Indeks Dow Jones naik setelah rally kuat dalam saham energi.

Indeks Dow Jones juga membukukan tujuh hari kemenangan beruntun. Indeks 30-saham ini ditutup 91,64 poin lebih tinggi pada 24.831,17 dengan Verizon dan Merck sebagai saham berkinerja terbaik.

Indeks S & P 500 naik 0,2 persen menjadi ditutup pada 2.727,72 karena telekomunikasi dan perawatan kesehatan mengungguli.

Indeks Komposit Nasdaq ditutup tepat di bawah titik impas di 7,402.88.

Untuk minggu ini, Dow Jones naik 2,3 persen – kenaikan mingguan terbesar sejak Maret – sementara S & P 500 dan Nasdaq naik masing-masing 2,4 persen dan 2,7 persen.

Saham energi memimpin jalan bagi indeks utama minggu ini, naik 3,8 persen. Sektor ini mendapat dorongan dari lonjakan harga minyak, yang melonjak setelah Presiden Donald Trump menarik Amerika Serikat keluar dari kesepakatan nuklir Iran.

Kembali pada tahun 2015, pemerintahan Obama dan Iran menandatangani kesepakatan untuk menunda sanksi atas ekspor minyak Iran, sementara Iran menahan program nuklirnya. Pada hari Selasa, Trump mengatakan AS menarik diri dari kesepakatan itu dan memulihkan sanksi.

Saham teknologi juga berkontribusi terhadap kenaikan mingguan indeks, naik 3,5 persen. Memimpin sektor terbesar S & P 500 dengan kapitalisasi pasar adalah Facebook dan Google-induk Alphabet, yang naik lebih dari 5 persen. Apple – perusahaan publik terbesar di AS – mencapai titik tertinggi sepanjang masa minggu ini.

Dalam berita perusahaan, pembuat chip Nvidia melaporkan pendapatan dan pendapatan yang lebih baik dari perkiraan, sambil memberikan bimbingan yang optimis. Namun, saham turun 2,2 persen.

Saham Verizon melonjak lebih dari 3 persen setelah analis di J.P. Morgan memperbarui raksasa telekomunikasi, mencatat bahwa dividen bobot dan rencana jaringan 5G akan menjadi dorongan.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan bursa Wall Street akan mencermati pergerakan harga minyak mentah, mengingat belum adanya data ekonomi penggerak dan juga sentimen yang mempengaruhi.

Asido Situmorang, Senior Analyst, Vibiz Research Center, Vibiz Consulting Group

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here