Bursa Wall Street Berakhir Naik; Abaikan Hasil KTT G7, Nantikan Pertemuan Trump-Kim

785

(Vibiznews – Index) Bursa Saham AS ditutup sedikit lebih tinggi pada akhir perdagangan Selasa dinihari (12/06) dengan investor mengabaikan hasil pertemuan G-7 yang tidak mencapai kesepakatan antara Presiden Donald Trump dengan sekutu AS. Investor juga bersiap mencermati pertemuan yang sangat dinanti-nantikan antara Trump dan pemimpin Korea Utara Kim Jong Un di Singapura, yang akan diadakan pada hari Selasa.

Indeks Dow Jones berakhir naik 5,78 poin lebih tinggi pada 25,322.31, dengan keuntungan di UnitedHealth, Home Depot, dan Boeing mengimbangi kerugian di McDonald dan 3M.

Indeks S & P 500 naik 0,11 persen menjadi ditutup pada 2.782 seiring kenaikan telekomunikasi dan konsumen memimpin 11 sektor lebih tinggi.

Indeks Komposit Nasdaq berakhir naik 0,19 persen pada 7.659,93 di tengah kenaikan 1,29 persen dalam saham Facebook dan 0,72 persen untuk induk Google, Alphabet.

Presiden Trump dan pemerintahannya meningkatkan kritik terhadap Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau dan perdagangan internasional selama akhir pekan di KTT G-7 tahunan yang berlangsung di Quebec, Kanada.

Kesimpulan dari pertemuan dua hari, di mana Trump bertemu dengan para pemimpin dari Eropa dan Kanada, mengakibatkan AS petahana menolak untuk mendukung pernyataan gabungan G-7 yang menyerukan pengurangan tarif – memicu ketegangan antara Trump dengan sesama pemimpin G-7.

Trump mengkritik Trudeau tentang “pengkhianatan,” mengatakan bahwa komentar perdana menteri tentang tarif AS “sangat tidak jujur ​​& lemah.”

Perundingan perdagangan global berakhir ketika presiden AS menuju ke Singapura, di mana dia akan bertemu dengan pemimpin Korea Utara Kim Jong Un dalam aksi bersejarah pada hari Selasa. Keduanya diharapkan untuk membahas hubungan masa depan dan denuklirisasi, bersama dengan subyek lain.

Meskipun tidak ada hasil besar yang diharapkan keluar dari pertemuan awal ini, para investor berharap pertemuan itu akan memperkuat hubungan antara negara terisolasi Korea Utara dan seluruh dunia.

Investor juga melihat ke depan untuk pertemuan Federal Reserve AS, yang akan berlangsung pada hari Selasa dan Rabu.

Ketua Fed Jerome Powell dan rekan-rekannya diperkirakan akan mengumumkan kenaikan seperempat poin suku bunga ketika berusaha untuk menormalkan kebijakan moneter dengan ekonomi menunjukkan tanda-tanda kesehatan.

Awal bulan ini, data mengungkapkan bahwa ekonomi AS menambahkan 223.000 pekerjaan pada bulan Mei, jauh di atas ekspektasi ekonom sebesar 188.000 dan menambah semakin banyak bukti bahwa ekonomi mendekati pekerjaan penuh.

Pekan lalu, klaim awal untuk tunjangan pengangguran negara juga menurun 1.000 menjadi 222.000 yang disesuaikan secara musiman; para ekonom memperkirakan peningkatan.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan bursa Wall Street akan mencermati hasil pertemuan puncak Presiden AS Donald Trump dengan pemimpin Korea Utara Kim Jong Un, yang jika memberikan sinyal positif akan menguatkan bursa Wall Street.

Asido Situmorang, Senior Analyst, Vibiz Research Center, Vibiz Consulting Group

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here