Yuan Masih Bertahan Lolos Dari Terendah 11 Bulannya

554

(Vibiznews – Forex) – Mata uang utama bergerak dengan rentang naik turun yang tinggi pada Kamis, sehari sebelum tenggat waktu Washington memberlakukan tarif pada impor China sementara yuan tetap stabil setelah bank sentral pekan ini berhasil untuk membendung jatuhnya mata uang ini.

Euro sedikit berubah menjadi $ 1,1662, setelah menemukan dukungan kuat di posisi mendekati $ 1,15 selama beberapa minggu terakhir meskipun ditengah kekhawatiran tentang perlambatan ekonomi dan ketidakstabilan politik di Eropa.

Dolar diperdagangkan pada 110,38 yen, dari tertinggi enam minggu di 111,14 yang ditetapkan pada Selasa.

Nilai tukar yuan di pasar offshore berada di 6,6478 per dolar, menjaga jarak dari terendah 11-bulan Selasa dari 6,7344, menyusul pernyataan meyakinkan dari Yi Gang, Gubernur Bank Rakyat China (PBOC).

Namun pelaku pasar gugup karena mereka bersiap untuk dimulainya perang dagang antara AS dan China dengan skala penuh. Washington telah mengatakan akan menerapkan tarif atas $ 34 miliar dari impor China pada tanggal 6 Juli, dan Beijing telah bersumpah untuk membalas dalam bentuk yang sama pada hari yang sama.

Kementerian keuangan China, bagaimanapun, mengatakan pada hari Rabu Beijing akan “benar-benar tidak” menembakkan tembakan pertama dalam perang dagang dengan Amerika Serikat dan tidak akan menjadi yang pertama untuk memungut tarif.

Pound Inggris bertahan di level $ 1,3224 setelah survei pada hari Rabu yang menunjukkan data mengenai industri jasa utama Inggris memperoleh momentumnya bulan lalu sehingga memicu ekspektasi kenaikan suku bunga yang akan dilakukan oleh Bank of England pada musim panas ini.

Dolar Kanada juga bertahan di dekat tiga minggu tertinggi, dibantu oleh kenaikan harga minyak. Loonie berdiri di C $ 1,3146 ke dolar, setelah naik ke C $ 1,3113 pada hari Rabu, tertinggi sejak sejak pertengahan Juni.

Indeks dolar AS terhadap enam rival utama lainnya berada di 94.511, setelah merosot ke 94.397 pada hari Rabu, level terendah dalam lebih dari seminggu.

Sementara dolar telah didukung oleh pertumbuhan ekonomi AS dan daya tarik imbal hasil obligasi yang lebih tinggi, beberapa pelaku pasar mengatakan penurunan terbaru dalam imbal hasil obligasi AS mungkin akan merusak dolar.

Selasti Panjaitan/VBN/Coordinating Partner Vibiz Consulting Group
Editor : Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here