Dolar AS Melemah; Euro Naik Tertinggi Hampir 1 Bulan

665

(Vibiznews – Forex) Euro naik ke level tertingginya sejak 14 Juni pada hari Senin sore (09/07) karena investor membeli aset berisiko mengikuti data pekerjaan AS yang positif pekan lalu dan bukti bahwa ketegangan perdagangan global belum memperlambat momentum ekonomi.

Investor tampaknya mengabaikan konflik perdagangan yang memburuk antara Amerika Serikat dan China, lebih memilih untuk fokus pada angka ekonomi yang layak. Data yang menunjukkan peningkatan yang sehat dalam ekspor Jerman juga telah membantu.

Poundsterling juga menguat meskipun Menteri Brexit Inggris berhenti sebagai reaksi terhadap rencana Perdana Menteri Theresa May untuk meninggalkan Uni Eropa. Pound naik setengah persen karena para pedagang fokus pada kemungkinan peningkatan dari “Soft Brexit” di mana Inggris dan Uni Eropa mempertahankan hubungan perdagangan dekat.

Yuan naik lebih dari setengah persen di pasar luar negeri menjadi 6,6200 terhadap dolar, menempatkannya di jalur untuk kenaikan satu hari terbesar dalam lebih dari tiga bulan dan lebih jauh dari posisi terendah Juni – penurunan bulanan terbesar yang pernah terjadi.

Mata uang Cina menguat pekan lalu setelah penetapan titik tengah yang lebih kuat dari perkiraan dan data yang menunjukkan cadangan devisa China naik pada bulan Juni.

Ekuitas di Asia dan Eropa juga naik, menarik mata uang berimbal hasil lebih tinggi seperti dolar Australia.

Euro naik sebanyak 0,3 persen menjadi $ 1,1781, terkuat sejak 14 Juni karena dolar turun. Indeks dolar terhadap sekeranjang enam mata uang utama turun 0,2 persen menjadi 93,859.

Dolar kehilangan hampir setengah persen pada hari Jumat, mencapai 93,921, terendah sejak 14 Juni, setelah indikator upah AS mengecewakan menekan dolar sementara meningkatkan risk appetite.

Data Jumat menunjukkan rata-rata penghasilan per jam AS naik lima sen, atau 0,2 persen pada Juni setelah naik 0,3 persen pada Mei. Tekanan inflasi moderat yang disarankan ini, menciptakan keraguan bahwa Federal Reserve akan menaikkan suku bunga sebanyak empat kali pada 2018.

Nonfarm payrolls naik 213.000 pada bulan Juni, lebih dari yang diharapkan, data Jumat juga menunjukkan.

Terhadap yen, dolar sedikit berubah pada 110,42 yen setelah turun 0,2 persen pada hari Jumat.

Dolar Australia, terpicu peningkatan permintaan China untuk ekspornya, naik sebanyak 0,7 persen menjadi $ 0,7482. Itu membantu mata uang lebih jauh dari posisi terendah 18-bulan yang dicapai awal bulan ini.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan dolar AS masih lanjutkan pelemahan terpicu buruknya data upah, sementara belum ada sentimen yang dapat mendukung kenaikan. Disamping itu mata uang rival utamanya seperti Euro, Poundsterling, Dolar Australia terus menguat.

Asido Situmorang, Senior Analyst, Vibiz Research Center, Vibiz Consulting Group

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here