Bursa Eropa Ditutup Naik; AS-China Upayakan Pembicaraan Perdagangan

822

(Vibiznews – Index) Bursa Saham Eropa ditutup lebih tinggi Selasa malam (31/07) terbantu berita yang menyatakan AS dan China berupaya memulai kembali pembicaraan perdagangan, sementara pedagang terus memantau pendapatan perusahaan.

Indeks Stoxx 600 Eropa ditutup 0,18 persen lebih tinggi, dengan sebagian besar bursa dan sektor dalam zona hijau. Saham media naik 0,21 persen pada laba. Vivendi naik 3,74 persen setelah melaporkan hasil babak pertama. Perusahaan itu mengatakan bisa menjual hingga setengah dari aset Universal Music Group.

Indeks FTSE Inggris meningkat 0,62 persen. Indeks DAX Jerman naik tipis 0,06 persen. Indeks CAC Perancis naik 0,37 persen.

Melihat saham individu, saham Leonardo memimpin kenaikan, naik 10,6 persen pada hasil kuartal kedua yang kuat. Perusahaan Swedia Hexagon juga melonjak 5,39 persen setelah melaporkan angka kuartal kedua di atas perkiraan. Saham pembangun rumah tangga Inggris Travis Perkins turun 10,78 persen setelah memangkas prospek labanya.

Di Wall Street, saham dibuka lebih tinggi karena saham teknologi berjuang untuk kenaikan menyusul aksi jual tajam dari tiga sesi terakhir. Para pelaku pasar juga mengamati laporan Bloomberg bahwa AS dan China berusaha memulai kembali perundingan untuk menghindari perang dagang antara kedua negara adidaya itu. Laporan itu mengutip dua sumber tanpa nama yang tidak dapat segera diverifikasi oleh CNBC.

Selasa adalah hari besar bagi penghasilan di Eropa. Credit Suisse melaporkan Selasa laba bersih 647 juta franc Swiss ($ 655,33 juta) untuk kuartal kedua tahun ini. Angka itu mengalahkan ekspektasi analis, yang telah menunjukkan laba bersih sekitar 550 juta franc Swiss. Saham naik 1,14 persen.

Laba BP melonjak pada kuartal kedua 2018 dan raksasa minyak menaikkan dividennya untuk pertama kalinya dalam empat tahun. Saham naik 1,379 persen di tengah berita.

Sentimen pasar telah tertekan oleh data ekonomi yang menunjukkan kawasan Eropa yang hanya tumbuh 0,3 persen pada kuartal kedua tahun ini dari kuartal pertama. Menurut kantor statistik di kawasan itu, ini karena kekhawatiran atas perdagangan internasional di tengah tarif dan hambatan yang lebih tinggi.

Dalam hal inflasi, harga naik 2,1 persen tahun ke tahun di bulan Juli dari 2 persen pada Juni, Eurostat mengatakan Selasa. Lonjakan harga sebagian besar karena biaya energi yang lebih tinggi, yang dianggap sementara.

Sebelumnya, data yang dirilis di Perancis, menunjukkan harga melonjak menjadi 2,6 persen selama setahun di bulan Juli – tingkat tertinggi pada catatan sejak Maret 2016.

Dalam berita lain, kekhawatiran Brexit untuk industri otomotif Inggris tetap menjadi sorotan setelah bos kelompok industri otomotif negara itu mengatakan bahwa tidak ada kesepakatan yang “hanya bukan pilihan” untuk sektor ini. Pembuat mobil semakin khawatir tentang kurangnya kejelasan seputar perceraian Inggris dari Uni Eropa, Mike Hawes, kepala eksekutif Society of Motor Manufacturers and Traders mengatakan. Sementara itu, Perdana Menteri Inggris Theresa May telah diundang untuk mengadakan pembicaraan dengan Presiden Perancis Emmanuel Macron, menurut laporan.

Sore nanti akan dirilis data Markit Manufacturing PMI Zona Eropa dan negera-negara Eropa lainnya yang diindikasikan meningkat.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan bursa Eropa akan bergerak positif jika data Markit Manufacturing PMI Zona Eropa terealisir meningkat. Juga akan mencermati laporan laba emiten.

Asido Situmorang, Senior Analyst, Vibiz Research Center, Vibiz Consulting Group

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here