MSCI All-Country World Indeks Naik 0,1 Persen

1032

(Vibiznews – Index) – Dolar merosot pada hari Jumat, ditetapkan untuk menjadi penurunan mingguan terbesar sejak Maret karena pasar bersiap untuk pidato Federal Reserve Jerome Powell untuk petunjuk tentang arah kebijakan moneter, sementara ukuran dari saham global beringsut lebih tinggi.

MSCI All-Country World indeks yang melacak saham di 47 negara, naik 0,1 persen. Saham Eropa naik, dengan indeks STOXX 600 pan-Eropa naik 0,2 persen pada hari itu. Futures mengindikasikan Wall Street akan dibuka lebih tinggi.

Terhadap sekeranjang enam mata uang utama, dolar berada di 95,516. DXY, turun 0,3 persen.

Mata uang AS terpukul pekan ini setelah Presiden AS Donald Trump mengatakan dia “tidak senang” dengan Federal Reserve yang dipimpin oleh Jerome Powell, yang berencana untuk menaikkan suku bunga.

Salah satu mantan penasihat Trump lainnya telah mengaku bersalah melanggar hukum keuangan kampanye, penipuan bank dan penghindaran pajak.

The Fed mengindikasikan bank sentral akan segera kencangkan kebijakan moneter, Powell akan berbicara pada pukul 14:00 GMT.

Dolar 0,1 persen lebih tinggi terhadap yen, di 111,360 yen per dolar dan 0,4 persen lebih rendah terhadap euro pada $ 1,15830.

Di tempat lain dalam kelompok mata uang G10, dolar Australia adalah penggerak terbesar, naik 0,6 persen pada hari setelah partai Liberal yang berkuasa memilih pemimpin baru.

Indeks MSCI Asia Pasifik di luar Jepang turun 0,1 persen.

Hong Kong Hang Seng, HSI turun 0,43 persen dan Shanghai Composite Index, SSEC naik 0,2 persen.

Saham Australia naik 0,05 persen dan Korea Selatan KOSPI .KS11 juga naik setengah persen. Jepang Nikkei N225 naik 0,85 persen, terangkat oleh pelemahan yen.

Harga minyak mentah berjangka Brent naik di atas 1 persen menjadi $ 75,60 per barel LCOc1, sementara CLc1 minyak mentah AS naik 1,2 persen menjadi $ 68,64.

Selasti Panjaitan/VBN/Coordinating Partner of Wealth Planning Services
Editor : Asido Situmorang

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here