Bursa Wall Street Ditutup Negatif Terkena Sentimen Perang Dagang

772

(Vibiznews – Index) Bursa Saham AS jatuh pada akhir perdagangan Rabu dinihari (05/09) karena ketegangan perdagangan antara AS dan mitra utamanya meningkat.

Indeks S & P 500 mundur 0,2 persen menjadi ditutup pada 2.896,72 dengan penurunan sektor telekomunikasi dan real estat.

Indeks Nasdaq merosot 0,2 persen menjadi 8,091.25, dipimpin oleh penurunan saham Facebook, yang mengimbangi kenaikan di Amazon yang menjadikannya perusahaan AS kedua untuk mencapai $ 1 triliun pada kapitalisasi pasar.

Indeks Dow Jones tergelincir 12,34 poin menjadi 25.952,48 karena Nike dan Verizon tertinggal.

Pekan lalu, AS dan Kanada gagal menyepakati perjanjian untuk menggantikan pakta NAFTA saat ini sebelum batas waktu Jumat lalu. Sementara kesepakatan telah diatur dengan Meksiko, Presiden Donald Trump memberikan tweet selama akhir pekan bahwa ada “tidak ada keharusan politik untuk menjaga Kanada dalam kesepakatan NAFTA baru.”

Trump menambahkan bahwa Kongres seharusnya tidak campur tangan dalam perundingan, dan mengklaim bahwa jika hal itu terjadi, dia akan “hanya mengakhiri NAFTA sepenuhnya.” Namun pembicaraan perdagangan dengan Kanada diharapkan akan dilakukan kembali minggu ini.

Sementara itu, laporan Bloomberg pekan lalu menunjukkan bahwa pemerintah AS siaga untuk memberikan pungutan tambahan atas barang-barang China senilai $ 200 miliar sesegera minggu ini.

Saham Caterpillar yang sensitif terhadap perdagangan turun hampir 0,7 persen.

Investor juga mengawasi pasar negara berkembang karena mereka tertekan oleh meningkatnya kekhawatiran perdagangan dan dolar yang kuat. Di Turki, lira telah kehilangan setidaknya 40 persen dari nilainya pada 2018 karena kekhawatiran seputar kebijakan Presiden Recep Erdogan dan ekonomi. Sementara itu, pemerintah Argentina meminta Dana Moneter Internasional (IMF) untuk pembebasan awal dana dari kesepakatan pembiayaan siaga $ 50 miliar minggu lalu – sebuah langkah yang mengejutkan pasar dan menempatkan peso di bawah tekanan.

September secara historis merupakan bagian yang sulit sepanjang tahun bagi investor. Sejak 1950, September telah menjadi bulan terburuk bagi Dow dan S & P 500 yang lebih luas, menurut data dari “Stock Trader’s Almanac.” Dow rata-rata mengalami penurunan 0,7 persen, sedangkan S & P 500 turun 0,5 persen rata-rata pada bulan September, data menunjukkan. Nasdaq, yang diperkenalkan pada tahun 1971, turun setengah persen rata-rata.

Kerugian pada bulan September untuk Dow dan Nasdaq melebar pada tahun-tahun pemilihan jangka menengah, sementara penurunan rata-rata S & P 500 menyempit sedikit dalam tahun-tahun seperti itu, menurut data.

Saham Facebook turun 2,6 persen setelah analis di MoffettNathanson menurunkan peringkat menjadi netral dari aksi beli.

Saham Nike turun 3,2 persen di tengah reaksi atas kampanye yang menampilkan Colin Kaepernick, mantan quarterback San Francisco 49ers.

Anggota Dow Verizon turun lebih dari 2 persen setelah analis di Barclays menurunkan peringkatnya menjadi berat yang sama dari kelebihan berat.

Saham Amazon naik sebanyak 1,9 persen, sempat mendorong kapitalisasi pasar perusahaan menjadi $ 1 triliun. Tonggak ini terjadi sekitar sebulan setelah Apple, raksasa teknologi lainnya, menjadi perusahaan AS pertama yang diperdagangkan untuk mencapai $ 1 triliun dalam kapitalisasi pasar.

ISM PMI manufaktur AS naik menjadi 61,3 pada bulan Agustus dari 58,1 pada bulan Juli. Ekonom yang disurvei oleh Reuters memperkirakan indeks jatuh ke 57,7. PMI secara keseluruhan mendapat dorongan dari lompatan tajam dalam pesanan baru.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan untuk perdagangan selanjutnya bursa Wall Street akan mencermati rilis data perdagangan AS yang jika positif akan menguatkan bursa Wall Street dan sebaliknya.

Asido Situmorang, Senior Analyst, Vibiz Research Center, Vibiz Consulting Group

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here