Bursa Eropa Bergerak Mixed; Perkembangan Brexit dan Perang Dagang Dicermati

847

(Vibiznews – Index) Bursa Saham di Eropa mixed pada perdagangan awal yang didukung oleh saham utilitas. Namun, sentimen pasar masih tertekan kemerosotan pasar negara berkembang dan potensi tarif baru AS di China.

Indeks Stoxx 600 Eropa naik 0,15 persen. Benchmark telah mencapai level terendah dalam hampir lima bulan sebelumnya di sesi ini.

Indeks FTSE Inggris melemah 0,21 persen. Indeks DAX Jerman naik 0,12 persen. Indeks CAC Perancis naik 0,28 persen.

Melihat saham individu, Weir Group anjlok hampir 7 persen setelah melaporkan melemahnya permintaan untuk peralatan asli. Safran memimpin kenaikan, naik 6 persen setelah melaporkan laba semester pertama yang solid.

Saham penyedia energi juga lebih tinggi. Ini mengikuti berita bahwa regulator energi Inggris, Ofgem, telah menetapkan tingkat batas harga yang diusulkan, yang diharapkan dapat menghemat sekitar $ 1.29 miliar kepada konsumen, Reuters melaporkan. Centrica adalah salah satu penghasil top di Eropa, naik 5 persen.

Di dunia korporat, Commerzbank akan diganti di DAX oleh perusahaan teknologi mulai 24 September dan seterusnya, menurut Reuters. Sementara itu, pembangun rumah Bovis Homes mengatakan bahwa laba setahun penuh akan datang di ujung atas ekspektasi.

Kembali di Eropa, Brexit tetap menjadi perhatian, menyusul komentar dari pemerintah Jerman bahwa itu siap untuk semua skenario, termasuk tidak ada kesepakatan. Sementara itu, FT telah melaporkan bahwa Inggris akan menguji skema baru untuk mempekerjakan pekerja pertanian non-UE untuk memastikan bahwa petani Inggris tidak akan menghadapi masalah setelah Brexit.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan untuk perdagangan selanjutnya bursa Eropa akan mencermati pergerakan bursa Wall Street yang berpotensi menguat jika data ISM Non Manufacturing PMI Agustus AS yang akan dirilis malam ini terealisir positif.

Asido Situmorang, Senior Analyst, Vibiz Research Center, Vibiz Consulting Group

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here