Harga Emas Melonjak Seiring Pelemahan Dolar AS

785

(Vibiznews – Commodity) Harga emas naik pada Kamis (11/10) karena aksi jual di pasar saham global mendorong investor untuk mencari keamanan di emas, dengan dolar lebih lembut mendukung emas.

Harga emas spot LLG naik 1,58 persen menjadi $ 1,213.21 per ons.

Harga emas berjangka AS melonjak 2,20 persen pada $ 1,219.60 per ons.

Melemahnua data inflasi AS malam ini juga membuat kemunduran dolar AS.

Saham Eropa jatuh sejalan dengan kemerosotan di Wall Street, menunjukkan meningkatnya keengganan risiko di seluruh pasar global dan mengalihkan perhatian yang lebih besar terhadap data inflasi AS di kemudian hari untuk petunjuk pada laju pengetatan moneter.

Emas menemukan sedikit dukungan dari aksi jual global yang terlihat dalam ekuitas.

Kemerosotan hari Rabu di Wall Street mendorong Presiden AS Donald Trump untuk menyerang Federal Reserve AS karena menaikkan suku bunga. Beberapa analis mengatakan komentarnya mendukung harga emas.

The Fed menaikkan suku bunga bulan lalu untuk ketiga kalinya tahun ini dan secara luas diperkirakan akan menaikkan lagi pada bulan Desember, tanpa ada saran pengetatannya akan berhenti dalam waktu dekat.

Emas telah jatuh sekitar 13 persen sejak mencapai puncaknya pada bulan April, dengan investor semakin beralih ke keamanan dolar AS ketika perang perdagangan AS-China terhampar dengan latar belakang meningkatnya suku bunga AS.

Namun emas telah pulih dari level terendah 1,5 tahun di level $ 1.059,96 yang dicapai pada pertengahan Agustus, didukung oleh pembelian safe-haven terbatas di bagian bawah kisarannya, didorong oleh kekhawatiran atas pertumbuhan ekonomi dan tekanan inflasi dari melonjaknya harga minyak.

Peraks spot perak naik 1,1 persen menjadi $ 14,42 per ons dan paladium naik 1,2 persen pada $ 1,079.72. Platinum naik tipis 0,2 persen menjadi $ 820,50 per ons.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan harga emas akan bergerak naik dengan pelemahan dolar AS yang terjadi akibat data inflasi AS bulan September menurun. Harga emas diperkirakan bergerak dalam kisaran $ 1,211-$ 1,209, dan jika naik akan bergerak dalam kisaran Resistance $ 1,215-$ 1,217.

Asido Situmorang, Senior Analyst, Vibiz Research Center, Vibiz Consulting Group

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here