Bursa Wall Street Anjlok Lagi; Saham Teknologi Terjerembab

798

(Vibiznews – Index) Bursa Saham AS kembali anjlok pada penutupan perdagangan hari Rabu karena penurunan tajam dalam saham teknologi dan kekhawatiran tentang pendapatan perusahaan.

Indeks Dow Jones Industrial Average turun 608,01 poin atau 2,41 persen pada 24.583,42 dan menghapus semua kenaikannya untuk tahun 2018.

Indeks S & P 500 turun 3,1 persen menjadi 2.656,10 dan juga berbalik negatif untuk tahun ini.

Indeks Nasdaq turun 4,4 persen menjadi 7.108,40— memasuki wilayah koreksi – karena Facebook, Amazon, Netflix dan Alphabet semuanya diperdagangkan lebih rendah.

Indeks saham utama AS telah merosot tajam bulan ini. Dow telah turun 7,1 persen pada Oktober, sementara S & P 500 telah menarik kembali 8,9 persen. Nasdaq, sementara itu, telah jatuh 11,7 persen.

Netflix anjlok 9,4 persen karena investor menduga valuasi untuk streamer video yang pernah terbang tinggi. Facebook dan Alphabet keduanya turun lebih dari 5 persen, sementara Apple turun 3,4 persen. AT & T, sementara itu, turun lebih dari 8,1 persen setelah merilis hasil kuartalannya.

Kekhawatiran tentang perlambatan ekonomi di bawah tekanan dari kenaikan suku bunga tumbuh setelah Departemen Perdagangan mengatakan penjualan rumah baru jatuh ke level terendah dalam dua tahun. Data juga memukul saham homebuilder. SPDR S & P Homebuilders ETF (XHB) turun 3,5 persen.

Saham Bank jatuh karena kekhawatiran perlambatan pertumbuhan untuk hipotek dan pinjaman lainnya. SPDR S & P Bank ETF (KBE) turun 4,1 persen. Saham J.P. Morgan Chase dan Citigroup keduanya menarik kembali lebih dari 1,5 persen. Saham Bank of America turun 3,1 persen.

Investor telah bergulat dengan volatilitas pasar yang meningkat akhir-akhir ini. Indeks Volatilitas Cboe (VIX), secara luas dianggap sebagai pengukur terbaik dari ketakutan di pasar, diperdagangkan di atas 24 pada hari Rabu dan naik lebih dari 100 persen bulan ini.

Beberapa faktor telah bersekongkol untuk mengetuk pasar bulan ini – beberapa kekecewaan pendapatan, konflik antara Italia dan Uni Eropa atas pengeluaran anggaran, kritik terhadap kekuatan minyak Arab Saudi atas pembunuhan seorang jurnalis pembangkang dan akhirnya kekhawatiran bahwa pertumbuhan dunia kehilangan tenaga.

Pada awal sesi, Dow naik lebih dari 100 poin didukung hasil yang lebih baik dari perkiraan dari Boeing. Raksasa kedirgantaraan itu juga menaikkan panduan setahun penuh pada pendapatan dan penjualan. Laporan itu mengirim stok naik lebih dari 1 persen.

Lebih dari 100 perusahaan S & P 500 dijadwalkan untuk melaporkan minggu ini, termasuk Amazon, Alphabet dan NBCUniversal-parent Comcast. Sejauh ini, 80 persen dari perusahaan yang melaporkan telah melampaui ekspektasi penghasilan, menurut data dari FactSet.

Malam nanti akan dirilis data Durable Goods Orders September AS yang diindikasikan negatif.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan bursa saham AS akan bergerak negatif jika data Durable Goods Orders September AS terealisir negatif. Juga akan mencermati laporan laba emiten kuartal ketiga yang jika mencatatkan hasil positif akan memberikan dorongan bagi Bursa Wall Street, juga sebaliknya.

Asido Situmorang, Senior Analyst, Vibiz Research Center, Vibiz Consulting Group

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here