Harga Emas Naik Terdorong Pelemahan Bursa Asia

1153

(Vibiznews – Commodity) Harga emas naik pada hari Jumat (26/10) dan berada di jalur untuk kenaikan minggu keempat berturut-turut, sebagai kenaikan mingguan terpanjang sejak Januari, karena bursa saham Asia merosot di tengah meningkatnya kekhawatiran atas prospek laba perusahaan AS dan perlambatan ekonomi global.

Bursa Saham Asia tergelincir ke posisi terendah 20-bulan, S & P berjangka turun tajam dan yuan China melemah pada akhir minggu yang bergejolak untuk pasar keuangan pada hari Jumat.

Harga emas spot LLG naik 0,3 persen pada $ 1,234.92 per ons pada 0736 GMT. Emas naik 0,7 persen untuk minggu ini.

Harga emas berjangka AS naik 0,4 persen pada $ 1,237.40 per ons.

Pasar keuangan telah berkembang pesat dalam sesi baru-baru ini di tengah kekhawatiran pertumbuhan global karena para investor cemas atas perang perdagangan AS-China, laporan campuran pendapatan perusahaan AS, kenaikan suku bunga Federal Reserve dan kekuatiran anggaran Italia.

Emas yang digunakan sebagai investasi alternatif selama masa ketidakpastian politik dan keuangan, telah meningkat sekitar 6 persen setelah jatuh pada pertengahan Agustus ke terendah sejak Januari 2017 di $ 1,159.96 per ons.

Namun logam mulia ini telah menurun sekitar 10 persen dari puncak April setelah para investor lebih suka dolar ketika perang perdagangan AS-China dibuka dengan latar belakang suku bunga AS yang lebih tinggi.

Data PDB AS kuartal ketiga akan dirilis Jumat malam dan pembacaan yang lebih rendah dari perkiraan dapat menyebabkan kekhawatiran tentang momentum pertumbuhan ekonomi dan apakah itu dapat menyebabkan perubahan dalam jalur pengetatan moneter Fed.

Di antara logam mulia lainnya, paladium naik 0,3 persen pada $ 1,102.75 per ons, tetapi jauh dari rekor tertinggi $ 1,150.50 per ons pada hari Selasa.

Perak naik 0,3 persen menjadi $ 14,64 per ons, dan platinum turun 0,5 persen pada $ 827,0 per ons.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan harga emas berpotensi naik dengan mundurnya dolar AS, juga jika malam nanti data PDB Q3 AS terealisir lemah, akan mengangkat harga emas. Harga emas diperkirakan bergerak dalam kisaran Resistance $ 1,237-$ 1,239, dan jika turun akan bergerak dalam kisaran Support $ 1,233-$ 1,231.

Asido Situmorang, Senior Analyst, Vibiz Research Center, Vibiz Consulting Group

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here