Bursa Wall Street Tertekan Pelemahan Saham Apple dan Perbankan

807

(Vibiznews – Index) Bursa Saham AS jatuh pada hari Rabu tertekan pelemahan saham Apple yang sempat merosot sebentar ke pasar bearish sebelum pulih. Penurunan dalam saham bank juga menekan pasar yang lebih luas.

Indeks S & P 500 ditutup turun 0,8 persen, meraih kerugian hari kelima berturut-turut. Indeks saat ini negatif untuk bulan November setelah 7 persen kekalahan Oktober.

Indeks Dow Jones Industrial Average berakhir 206 poin lebih rendah. Dow jatuh lebih dari 400 poin dari level tertingginya hari ini.

Indeks Nasdaq mundur 0,9 persen.

Saham Apple jatuh 2,8 persen dan diperdagangkan sebentar 20 persen di bawah tingginya sepanjang waktu, masuk ke pasar bearish. Penurunan terjadi setelah Guggenheim menurunkan peringkat saham dan UBS memangkas estimasi iPhone-nya. Investor telah khawatir penjualan iPhone akan melambat dalam waktu dekat. Saham telah diperdagangkan lebih tinggi sebelumnya pada hari Rabu dan ditutup 19,9 persen dari rekor tertinggi yang dicapai awal tahun ini.

SPDR S & P Bank ETF (KBE) turun 1,9 persen, menghapus keuntungan sebelumnya, setelah Rep Demokrasi Maxine Waters mengatakan upaya pemerintahan Trump untuk mengekang peraturan perbankan “akan berakhir.” Goldman Sachs, J.P. Morgan Chase dan Citigroup semuanya diperdagangkan lebih rendah. Waters diperkirakan akan mengambil alih sebagai ketua Komite Jasa Keuangan parlemen.

Sentimen pasar juga dirugikan oleh komentar dari Rep. Bill Pascrell, D-NJ. Dalam wawancara dengan Bloomberg News, Pascrell mengatakan kesepakatan perdagangan yang diperbarui antara AS, Kanada, dan Meksiko perlu diubah sebelum dapat melewati Kongres. Perlu ada “tidak hanya perubahan dalam undang-undang tetapi penegakan yang lebih besar,” kata Pascrell, yang sejalan untuk menjadi head of the House Ways and Means subcommittee on trade.

Pasar saham naik pada awal hari karena minyak naik 1 persen untuk rebound dari penurunan 7 persen di sesi sebelumnya, menenangkan pedagang khawatir tentang pasar yang ambruk. Minyak Mentah membukukan kenaikan untuk pertama kalinya dalam 13 sesi pada hari Rabu. Harga telah berada di bawah tekanan baru-baru ini di tengah kekhawatiran pasokan berlimpah dan tidak cukupnya permintaan.

Presiden AS Donald Trump awal pekan ini mengirim peringatan lain kepada kartel produsen OPEC (Organisasi Negara-negara Pengekspor Minyak), mengatakan dia berharap kelompok itu tidak akan memangkas produksi dalam sebuah langkah untuk menaikkan harga. Turunnya minyak mentah juga memicu kekhawatiran perlambatan ekonomi global.

Laporan pembicaraan perdagangan baru antara AS dan China gagal mengangkat sentimen pada hari Rabu, dengan pedagang tetap waspada terhadap volatilitas di pasar minyak.

Beberapa pidato Federal Reserve diperkirakan akan dirilis pada hari Rabu. Jam 6 malam ET, Ketua Federal Reserve Jerome Powell dan Presiden Dallas Federal Reserve Bank Robert Kaplan akan berbicara mengenai isu-isu ekonomi global di Texas.

Malam nanti akan dirilis data Retail Sales Oktober AS yang diindikasikan meningkat, juga data Initial Jobless Claim AS pekan ini yang diindikasikan menurun.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan bursa Wall Street akan bergerak positif jika data Retail Sales Oktober AS dan Initial Jobless Claim AS pekan ini terealisir seperti yang diindikasikan.

Asido Situmorang, Senior Analyst, Vibiz Research Center, Vibiz Consulting Group

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here