Dolar AS Stabil Pasca Penurunan Mingguan

727

(Vibiznews – Forex) Dolar AS stabil pada hari Senin (19/11) setelah membukukan penurunan mingguan terbesar dalam dua bulan pekan lalu karena meningkatnya kehati-hatian investor tentang prospek jangka pendek dolar AS setelah komentar dovish oleh pembuat kebijakan AS.

Terhadap sekeranjang pesaingnya, dolar AS secara luas stabil di 96,48 setelah jatuh hampir setengah persen pekan lalu, penurunan mingguan terbesar sejak akhir September.

Dolar AS telah menjadi pemenang kejutan 2018, setelah naik hampir 10 persen dari posisi terendah April berkat kombinasi kenaikan suku bunga dan data yang kuat. Tetapi pandangan yang berkembang bahwa pertumbuhan ekonomi AS mungkin telah mencapai puncaknya telah mulai menggerogoti keuntungan ini.

Analis menyatakan komentar Dovish Fed pada hari Jumat memberikan beberapa dorongan investor untuk mengambil keuntungan pada posisi dolar yang telah meningkat dalam beberapa pekan terakhir.

Richard Clarida, wakil ketua Fed yang baru diangkat, memperingatkan tentang perlambatan pertumbuhan global, mengatakan “itu sesuatu yang akan relevan” untuk prospek ekonomi AS.

Presiden Federal Reserve Bank of Dallas Robert Kaplan, dalam wawancara terpisah dengan Fox Business, juga mengatakan dia melihat perlambatan pertumbuhan di Eropa dan China.

Komentar mereka datang pada saat posisi dolar AS yang panjang telah meningkat ke level terbesar mereka dalam hampir dua tahun meskipun penurunan moderat pekan lalu, menurut data berjangka.

Data kepemilikan Treasury AS terbaru juga membebani dolar. China dan Jepang, dua kreditor asing terbesar AS, memotong kepemilikan Treasury AS lebih lanjut pada bulan September karena selera asing terhadap Treasury menurun.

Meskipun kelemahan dolar, Euro gagal rally secara signifikan di atas level $ 1,14 karena kekhawatiran atas negosiasi antara Brussels dan Roma atas rencana anggaran Italia melemahkan pasar yang lebih luas. Itu berpindah tangan pada $ 1,1422.

Di tempat lain, Sterling tetap dalam sorotan dengan mata uang yang diperkirakan akan tetap di bawah tekanan sampai pasar mendapat kejelasan lebih lanjut tentang kemajuan kesepakatan Brexit.

Sterling 0,2 persen lebih kuat terhadap dolar AS pada $ 1,2864 setelah penurunan 1 persen pekan lalu karena rancangan Perdana Menteri Inggris Theresa May tentang kesepakatan perceraian Uni Eropa telah menghadapi tekanan oposisi dengan beberapa menteri mengundurkan diri.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan dolar AS akan mencermati pergerakan mata uang saingannya, dimana Euro masih terpengaruh masalah anggaran Italia dan Poundsterling masih tertekan ketidakpastian Brexit.

Asido Situmorang, Senior Analyst, Vibiz Research Center, Vibiz Consulting Group

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here