Produksi Minyak Desember OPEC Menurun; Sinyal Bullish Pasar Minyak?

873

(Vibiznews – Commodity) OPEC memangkas produksi pada bulan Desember, memberikan sinyal bullish ke pasar satu bulan sebelum kelompok produsen ini secara resmi memulai putaran baru penurunan produksi.

Bulan lalu, OPEC mencapai kesepakatan dengan Rusia dan sembilan negara lain untuk mempertahankan 1,2 juta barel per hari dari pasar mulai Januari. Aliansi OPEC plus sedang mencoba untuk mencegah kelebihan minyak yang menghancurkan harga. Biaya minyak mentah runtuh pada kuartal terakhir 2018.

OPEC yang beranggotakan 14 negara mendapat persetujuan pada bulan Desember. Pasokan minyak dari negara-negara OPEC turun 751.000 barel per hari menjadi hampir 31,6 juta barel per hari, menurut angka independen yang dikutip oleh OPEC dalam laporan bulanannya.

Pengekspor minyak utama Arab Saudi adalah kekuatan pendorong di balik penurunan. Produksi Arab Saudi turun 468.000 barel per hari menjadi lebih dari 10,5 juta barel per hari bulan lalu, angka independen menunjukkan. Data yang dipasok langsung oleh Riyadh menunjukkan penurunan 450.000 barel per hari menjadi sedikit lebih dari 10,6 juta barel per hari.

Ketika OPEC mengumumkan kesepakatan itu, Menteri Energi Saudi Khalid al Falih awalnya mengatakan produksi negaranya akan turun menjadi 10,7 juta barel per hari pada Desember dari rekor tertinggi 11,1 juta barel per hari pada November. Saudi menargetkan penurunan lagi menjadi 10,2 juta barel per bulan bulan ini, kata Falih.

Kemunduran dalam produksi OPEC diperdalam oleh gangguan pasokan di Libya dan Iran.

Produksi di Libya turun 172.000 barel per hari menjadi 928.000 barel per hari pada Desember, setelah sekelompok pemrotes bersenjata dan pekerja yang dirugikan mengambil alih ladang minyak terbesar di negara itu.

Di Iran, produksi turun 159.000 barel per hari menjadi hanya di bawah 2,8 juta barel per hari, karena negara memasuki bulan kedua di bawah sanksi AS yang luas. Negara ini telah berubah dari menjadi produsen terbesar ketiga OPEC menjadi terbesar kelima, tertinggal dari Uni Emirat Arab dan Kuwait pada bulan Desember.

Irak menyaksikan lonjakan terbesar dalam produksi di bulan terakhir tahun ini. Produksinya naik 88.000 barel per hari menjadi lebih dari 4,7 juta barel per hari. Pada tingkat itu, Baghdad akan perlu memotong sekitar 200.000 barel per hari pada Januari untuk memenuhi kuota berdasarkan perjanjian pemangkasan pasokan. Irak, produsen OPEC terbesar kedua, secara teratur memompa di atas kuota sepanjang putaran terakhir pemotongan pasokan kelompok itu.

Desember menandai laporan bulanan pertama OPEC sejak Qatar meninggalkan organisasi itu di tengah blokade yang berkelanjutan terhadap negara Teluk oleh tetangga termasuk Arab Saudi dan UEA.

Tidak termasuk Qatar, OPEC memperkirakan permintaan untuk minyak kelompok akan rata-rata 30,8 juta barel per hari pada 2019, sekitar 900.000 barel per hari lebih rendah dari tahun lalu. Permintaan minyak OPEC turun sekitar 1,2 juta barel per hari tahun lalu, kata kelompok itu.

Prakiraan OPEC untuk pertumbuhan pasokan dan permintaan minyak sebagian besar tidak berubah dari laporan terakhirnya. Ia melihat konsumsi dunia meningkat sebesar 1,29 juta barel per hari menjadi lebih dari 100 juta barel per hari.

OPEC merevisi prospek pertumbuhan produksi non-OPEC sedikit lebih rendah, tetapi masih melihat pertumbuhan pasokan 2019 pada 2,1 juta barel per hari, melampaui peningkatan permintaan.

Dalam laporan akhir tahun ini, OPEC menyoroti kenaikan suku bunga AS dan pengetatan kebijakan moneter di tempat lain di dunia. OPEC mencatat bahwa bank sentral tampaknya siap untuk mengerem pengetatan lebih lanjut pada 2019, yang dapat berimplikasi pada pertumbuhan ekonomi global dan pasar minyak.

Potensi peningkatan pasokan minyak mentah akan menjadikannya penting bagi OPEC, Rusia dan negara-negara produsen lainnya untuk terus mengoordinasikan produksi untuk menjaga keseimbangan pasar minyak, kata kelompok itu.

Asido Situmorang, Senior Analyst, Vibiz Research Center, Vibiz Consulting Group

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here