Harga Minyak Naik Tertinggi 4 Bulan

1025
(Vibiznews – Commodity) Harga minyak mentah mencapai tertinggi empat bulan pada hari Kamis (14/03), karena perjanjian pembatasan produksi oleh OPEC dan mitranya bersama dengan sanksi AS terhadap Iran dan Venezuela memperketat pasokan global.

Penurunan tak terduga dalam persediaan dan produksi minyak mentah AS juga mendukung harga, kata para pedagang.
Harga minyak mentah berjangka West Texas Intermediate (WTI) AS berada di $ 58,46 per barel, naik 20 sen, atau 0,34 persen.

Harga minyak mentah berjangka Brent mencapai puncak 2019 di $ 68,14 per barel pada Kamis sebelum turun moderat ke $ 67,78, naik 23 sen atau 0,34 persen dari penutupan Rabu.

Organisasi Negara Pengekspor Minyak (OPEC) dan beberapa produsen nonblok termasuk Rusia telah menahan pasokan minyak sejak awal tahun untuk memperketat pasar global dan menopang harga minyak mentah.

Di Venezuela, produksi dan ekspor minyak telah terganggu oleh krisis politik dan ekonomi yang telah menyebabkan pemadaman besar-besaran dan kekurangan pasokan, sementara Washington telah melarang perusahaan-perusahaan AS melakukan bisnis dengan pemerintah Venezuela, termasuk perusahaan minyak milik negara PDVSA.

Menambah kekacauan, dua tangki penyimpanan meledak di proyek peningkatan minyak mentah di Venezuela timur pada hari Rabu, menurut sumber industri minyak dan seorang legislator.

Amerika Serikat bertujuan untuk memotong ekspor minyak mentah Iran sekitar 20 persen menjadi di bawah 1 juta barel per hari (bph) mulai Mei dengan mewajibkan negara-negara pengimpor untuk mengurangi pembelian guna menghindari sanksi AS, dua sumber yang akrab dengan masalah itu mengatakan kepada Reuters. .

Sementara itu, sebuah laporan mingguan oleh Energy Information Administration (EIA) A.S. mengatakan persediaan minyak mentah komersial AS turun minggu lalu karena kilang meningkatkan produksi.

Produksi minyak mentah AS juga turun, turun 100.000 barel per hari (bph) menjadi 12 juta barel per hari.

Di China, statistik resmi menunjukkan penggunaan minyak mentah kilang mencapai rekor.

Namun, harga minyak juga bisa berada di bawah tekanan dari perlambatan ekonomi.

Pertumbuhan dalam produksi industri China turun ke level terendah 17-tahun 5,3 persen dalam dua bulan pertama tahun ini, data resmi menunjukkan pada hari Kamis, menunjukkan kelemahan lebih lanjut dalam ekonomi terbesar kedua di dunia dan importir minyak mentah terkemuka.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan harga minyak mentah berpotensi naik dengan pembatasan produksi OPEC dan sanksi Venezuela. Harga minyak diperkirakan bergerak dalam kisaran Resistance $ 59,00-$ 59,50, dan jika harga turun akan bergerak dalam kisaran Support $ 58,00-$ 57,50.

Asido Situmorang, Senior Analyst, Vibiz Research Center, Vibiz Consulting Group

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here