Hujan di Afrika Dorong ICE Jual Kakao Sangat Tinggi

538

(Vibiznews – Commodity) – Harga kakao berjangka yang diperdagangkan di bursa ICE New York dan berakhir pada hari Selasa (11/06) naik untuk 5 hari berturut ke posisi tertinggi 1 tahun. Demikian juga untuk harga kakao di bursa ICE London bergerak kuat ke posisi tinggi 1 tahun.

Rally harga kakao selama 5 hari berturut  dipicu oleh laporan hujan deras di Pantai Gading yang mengganggu pengiriman biji kakao ke pelabuhan. Selain itu juga tertekan wabah virus tunas bengkak di Ghana  yang menyebabkan buah kakao berbentuk tidak normal yang menyebabkan hasil lebih rendah.

Faktor bullish potensial lainnya untuk harga kakao adalah tindakan yang mungkin dilakukan oleh regulator kakao Pantai Gading Le Conseil du Cafe-Cacao dan Dewan Kakao Ghana untuk menetapkan dasar bagi harga kakao di mana produsen kakao dapat memutuskan untuk tidak menjual biji mereka jika harga tidak memenuhi harga minimum yang ditetapkan oleh regulator kakao.

Harga kakao berjangka untuk kontrak paling ramai yaitu bulan Juli di ICE New York  ditutup naik  66 poin atau 2,66 persen pada posisi $2544  per ton. Namun untuk  harga kakao berjangka kontrak bulan Juli  bursa London  ditutup naik 34  poin atau 1.89% ke posisi $1832 per ton.

Untuk perdagangan selanjutnya hingga sesi Amerika malam nanti, analis Vibiz Research Center memperkirakan  harga kakao kakao di ICE berpotensi retreat kembali  oleh kondisi pasokan kakao di Afrika Barat.

 

Jul Allens/ Senior Analyst Vibiz Research Center-Vibiz Consulting  
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here