Optimisme Ekonomi Jerman Bulan Juli Sedikit Turun

813

(Vibiznews – Economy & Business) Indikator ZEW untuk Sentimen Ekonomi Jerman sedikit menurun pada bulan Juli 2019, mencapai minus 24,5 poin. Ini merupakan penurunan 3,4 poin dibandingkan dengan bulan sebelumnya. Rata-rata indikator jangka panjang adalah 21,8 poin.

Pada bulan Juli, penilaian situasi ekonomi di Jerman memburuk dengan 8,9 poin, dengan indikator yang sesuai jatuh ke pembacaan saat ini minus 1,1 poin.

Presiden ZEW, Profesor Achim Wambach menyatakan secara khusus tren negatif yang berkelanjutan dalam pesanan masuk di industri Jerman kemungkinan telah memperkuat sentimen pesimistis para pakar pasar keuangan. Bertahannya faktor-faktor yang menyebabkan ketidakpastian di sektor-sektor yang berorientasi ekspor dari ekonomi Jerman saat ini tidak terlihat. Konflik Iran tampaknya semakin intensif dan perselisihan perdagangan yang sedang berlangsung antara AS dan China merupakan beban. Selain itu, tidak ada kemajuan nyata yang dibuat dalam negosiasi mengenai bagaimana kelanjutan Brexit.

Sentimen pakar pasar keuangan mengenai perkembangan ekonomi zona Eropa sedikit menurun, dengan indikator yang sesuai turun 0,1 poin ke level saat ini minus 20,3 poin. Indikator untuk situasi ekonomi saat ini di zona Eropa turun 6,9 poin ke level minus 10,6 poin pada Juli.

Asido Situmorang, Senior Analyst, Vibiz Research Center, Vibiz Consulting

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here