Bursa Wall Street Jatuh Terpicu Penurunan Imbal Hasil Obligasi AS

1365

(Vibiznews – Index) Bursa Saham AS jatuh pada hari Rabu (07/08) karena penurunan imbal hasil obligasi global meningkatkan kekhawatiran tentang perlambatan ekonomi global.

Indeks Dow Jones Industrial Average turun 242 poin, atau 0,96%. Indeks S&P 500 kehilangan 0,5% sementara indeks Nasdaq diperdagangkan 0,1% lebih rendah. Indeks utama semuanya turun lebih dari 1% pada hari sebelumnya. Kerugian hari Rabu membawa Dow dan S&P 500 turun lebih dari 3,8% untuk bulan ini. Nasdaq turun 4,3% untuk Agustus.

Investor pindah kembali ke safe havens seperti emas, seperti yang mereka lakukan pada hari Senin ketika saham turun paling banyak dalam satu hari sepanjang tahun. Emas mencapai level tertinggi lebih dari enam tahun.

Imbal hasil Treasury 10-tahun meluncur ke level terendah sejak 2016. Imbal hasil Treasury 10-tahun turun di bawah 1,6% setelah mulai Agustus di atas 2%. Langkah ini semakin mempersempit kurva imbal hasil, indikator resesi yang dipantau secara luas. Spread antara tingkat 10-tahun dan hasil 2-tahun turun ke level terendah sejak 2007 kurang dari 8 basis poin.

Imbal hasil pada obligasi Jerman 10-tahun turun menjadi negatif 0,59% dan mencapai rekor terendah.

Saham-saham Bank, termasuk J.P. Morgan Chase dan Bank of America, memimpin penurunan karena mereka adalah satu sektor dengan kerugian terbesar dari penurunan suku bunga. Saham J.P. Morgan turun 2,8% sementara Bank of America turun 3,3%.

China juga menetapkan tingkat yuan yang lebih lemah dari perkiraan semalam, menambah kekhawatiran investor. Itulah yang menyebabkan pasar melakukan aksi jual pada hari Senin.

China pada hari Senin membiarkan mata uangnya jatuh ke level terendah dalam lebih dari satu dekade terhadap dolar AS, dengan yuan menembus di bawah 7 per dolar AS dan memicu aksi jual terburuk tahun ini di Wall Street. Namun China menegaskan, langkah itu tidak menanggapi tarif yang baru diumumkan. Ekuitas rebound pada hari Selasa ketika China menstabilkan mata uang.

Ketegangan antara China dan AS telah meningkat sejak pekan lalu, ketika Presiden Donald Trump mengumumkan tarif 10% untuk barang-barang Tiongkok senilai $ 300 miliar tambahan.

Perang dagang antara China dan AS telah berlangsung selama lebih dari satu tahun. Investor telah khawatir tentang dampaknya dalam hal pertumbuhan global dan keuntungan perusahaan. Beberapa bank sentral bahkan sudah mulai memotong suku bunga di tengah tekanan ini.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan bursa Wall Street berpotensi lemah dengan terus meningkatnya ketegagan perdagangan AS-China..

Asido Situmorang, Senior Analyst, Vibiz Research Center, Vibiz Consulting

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here