Harga Minyak Mentah Melompat Oleh Serangan Ladang Minyak Arab Saudi

529

(Vibiznews-Commodity) – Mengakhiri perdagangan komoditas sesi Amerika Selasa dini hari (20/08), harga minyak melompat tinggi setelah pemberitaan serangan akhir pekan pada fasilitas minyak Arab Saudi oleh pasukan Houthi Yaman dan investor mencari tanda-tanda bahwa ekonomi utama akan mengambil tindakan kuat untuk mengatasi perlambatan global.

Namun kekuatan harga minyak mentah ini dibatasi oleh laporan suram oleh Organisasi Negara Pengekspor Minyak (OPEC) yang memicu kekhawatiran tentang pertumbuhan permintaan minyak.

Harga minyak mentah Brent yang menjadi patokan internasional untuk harga minyak, naik 95 sen atau 1,6%  menjadi $59,59 per barel. Demikian juga dengan harga minyak mentah berjangka West Texas Intermediate (WTI) AS naik $1,34, atau 2,4%  menjadi $ 56,21 per barel.

Sebuah serangan pesawat tak berawak oleh kelompok Houthi di ladang minyak di Arab Saudi timur pada hari Sabtu menyebabkan kebakaran di sebuah pabrik gas, menambah ketegangan Timur Tengah, tetapi yang dikelola pemerintah Saudi Aramco mengatakan produksi minyak tidak terpengaruh.

Ketegangan terkait Iran tampaknya mereda setelah Gibraltar merilis sebuah kapal tanker Iran yang direbutnya pada bulan Juli, dengan kapal yang berlayar ke Yunani, meskipun Teheran memperingatkan Amerika Serikat terhadap  upaya baru untuk merebut kapal tanker itu di laut lepas.

Rally dalam ekuitas dari meningkatnya harapan bahwa ekonomi global akan mengambil tindakan untuk mengatasi perlambatan pertumbuhan juga membantu harga minyak, yang seringkali mengikuti harga saham.

Pengumuman China tentang reformasi suku bunga utama selama akhir pekan lalu telah memicu ekspektasi pengurangan biaya pinjaman perusahaan dalam ekonomi yang sedang berjuang, mendorong harga saham pada hari Senin.

OPEC, sementara itu memotong perkiraan pertumbuhan permintaan minyak global pada 2019 sebesar 40.000 barel per hari (bph) menjadi 1,10 juta barel per hari dan mengindikasikan pasar akan sedikit surplus pada tahun 2020. Langkah langka untuk OPEC untuk memberikan pandangan ke depan bearish pada prospek pasar membatasi kenaikan minyak pada hari itu.

Untuk perdagangan selanjutnya secara teknikal menurut analyst Vibiz research Center, harga minyak WTI diperkirakan berusaha mendaki ke posisi resisten  55.30 – 56.25. Namun jika terjadi pergerakan sebaliknya akan turun ke posisi support 53.75 – 51.80.

 

Jul Allens/ Senior Analyst Vibiz Research Center-Vibiz Consulting  
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here