Bursa Wall Street Menguat; Saham Otomotif Naik Tinggi

1577

(Vibiznews – Index) Bursa Saham AS naik pada Selasa (27/08) karena investor mencerna perkembangan terbaru dari perang perdagangan AS-China.

Indeks Dow Jones Industrial Average naik 135 poin pada pembukaan atau 0,5%. Indeks S&P 500 naik 0,5% karena sektor teknologi dan komunikasi unggul. Indeks Nasdaq naik 0,6%.

Sentimen menguat pada hari Selasa setelah China mengumumkan langkah-langkah yang bertujuan untuk meningkatkan konsumsi, termasuk berpotensi menghapus pembatasan pembelian mobil. Saham otomotif naik secara luas di tengah berita.

Ford Motor dan General Motors masing-masing naik 0,6% dan 0,4%. Fiat Chrysler dan Ferrari masing-masing naik lebih dari 1%.

Keuntungan hari Selasa menambah reli dari sesi sebelumnya. Dow, S&P 500 dan Nasdaq semua naik lebih dari 1% pada hari Senin karena saham semikonduktor dan Apple naik.

Indeks utama naik setelah Presiden Donald Trump mengatakan dia mengharapkan AS untuk mencapai kesepakatan perdagangan dengan China, mengutip tekanan ekonomi pada Beijing. China juga menyerukan resolusi untuk perselisihan yang sedang berlangsung.

Namun, klaim Trump di G-7 bahwa China memanggil negosiator perdagangan utama AS untuk menyalakan kembali diskusi telah dipertanyakan oleh Hu Xijin, pemimpin redaksi Global Times, yang mengatakan dalam tweet bahwa negosiator dari kedua negara tidak berbicara melalui telepon. Tabloid Hu dijalankan oleh People’s Daily, surat kabar resmi Partai Komunis China yang berkuasa.

Bolak-balik antara kedua negara terjadi setelah China meluncurkan tarif baru minggu lalu atas barang-barang AS senilai $ 75 miliar. Trump juga mengumumkan pada hari Jumat tarif yang lebih tinggi pada banyak produk China.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan bursa Wall Street bergerak positif terdukung harapan kesepakatan dagang AS-China.

Asido Situmorang, Senior Analyst, Vibiz Research Center, Vibiz Consulting

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here