Bursa Eropa Tertekan Akibat Gejolak Politik dan Brexit

1237

(Vibiznews – Index) Bursa Saham Eropa bergerak lemah pada Senin (16/09) dengan investor mencerna peningkatan ketegangan di Timur Tengah setelah serangan terhadap fasilitas produksi minyak Arab Saudi.

Indeks Stoxx 600 Eropa tergelincir 0,38%. Saham perjalanan dan liburan jatuh 1,5% untuk memimpin kerugian menyusul sebuah laporan bahwa Organisasi Perdagangan Dunia (WTO) telah memberikan lampu hijau kepada AS untuk memberlakukan tarif hukuman di UE atas subsidi maskapai. Pasokan minyak dan gas melonjak 3% karena harga melambung setelah serangan minyak Arab Saudi.

Harga minyak melonjak semalam setelah serangan drone pada akhir pekan lalu menghantam fasilitas produksi minyak utama di Arab Saudi, secara efektif memusnahkan 5% dari pasokan global. Minyak mentah Brent mencapai kenaikan persentase intra-hari tertinggi sejak awal Perang Teluk pada tahun 1991, dan diperdagangkan sekitar 10% lebih tinggi pada Senin pagi.

Presiden Donald Trump mengatakan AS sedang menunggu kabar dari Arab Saudi mengenai langkah selanjutnya, memicu kekhawatiran akan konfrontasi militer yang akan segera terjadi.

Saham Asia bervariasi Senin sore setelah data mengungkapkan produksi industri China untuk Agustus tumbuh pada laju paling lambat selama 17,5 tahun. Perdana Menteri China Li Keqiang mengatakan “sangat sulit” bagi perekonomian China untuk tumbuh pada tingkat 6% atau lebih, karena gejolak pelemahan global.

Kembali di Eropa, Perdana Menteri Inggris Boris Johnson pada hari Minggu menegaskan bahwa beberapa hari ke depan akan menjadi kunci untuk mengamankan kesepakatan Brexit ketika dia bersiap untuk bertemu dengan para pemimpin Eropa.

Sementara itu di Italia, laporan menunjukkan bahwa mantan Perdana Menteri Matteo Renzi berencana untuk melepaskan diri dari Partai Demokrat yang berkuasa (PD) untuk membentuk gerakan sentris baru, mempersulit koalisi baru antara PD dan Gerakan Lima Bintang anti-kemapanan (M5S) ).

Dalam berita perusahaan, Axel Springer merencanakan PHK sebagai bagian dari upaya pemotongan biaya setelah perusahaan investasi AS, KKR, menjadi pemegang saham terbesarnya, kata kepala eksekutif kelompok media Jerman itu dalam sebuah wawancara yang diterbitkan Minggu oleh Sueddeutsche Zeitung.

Setelah dewan London Stock Exchange (LSE) menolak tawaran pengambilalihan $ 36,6 miliar yang diusulkan dari Hong Kong Exchanges and Clearing (HKEX), perusahaan dagang Asia telah mengatur pertemuan dengan investor LSE, menurut Reuters. Saham LSE turun 2% di awal perdagangan.

Perusahaan induk Benetton Edizione, yang memiliki 30,25% saham pengendali di raksasa infrastruktur Italia Atlantia, menyatakan kekecewaannya pada hari Minggu menyusul tuduhan pelanggaran keselamatan oleh Atlantia. Polisi pada hari Jumat mengungkapkan bahwa bukti laporan keselamatan yang dipalsukan telah ditemukan sebagai bagian dari penyelidikan runtuhnya jembatan yang mematikan di Genoa tahun lalu.

Saham minyak dan gas adalah pendaki terbesar di awal perdagangan, Tullow Oil memimpin kenaikan dengan kenaikan 11,5%, sementara Lundin Petroleum melonjak 7,6% dan Technipfmc menambahkan 5,1%.

Saham Atlantia turun 5% karena penangkapan hari Jumat, sementara AMS turun 4,3% ke bagian bawah Stoxx 600 setelah manajemen dan dewan pengawas Osram Licht, yang tunduk pada tawaran pengambilalihan dari pembuat chip Austria, menyatakan kekhawatiran tentang perusahaannya. strategi.

Airlines mengalami aksi jual setelah Politico melaporkan bahwa Organisasi Perdagangan Dunia (WTO) memutuskan mendukung A.S. dalam perselisihan jangka panjang dengan Uni Eropa mengenai subsidi yang diberikan kepada raksasa kedirgantaraan Airbus. Keputusan itu memberi Washington lampu hijau untuk memaksakan miliaran euro dalam tarif hukuman pada produk UE. Saham Air France KLM turun 4,6%, easyJet merosot 3,3% dan Airbus dan Lufthansa masing-masing turun 3% selama perdagangan pagi.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan bursa Eropa berpotensi terus tertekan akibat kondisi Brexit dan politik beberapa negara Eropa yang tidak menentu.

Asido Situmorang, Senior Analyst, Vibiz Research Center, Vibiz Consulting

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here