Harga Minyak Sawit Turun Ke Terendah Enam Minggu

862

(Vibiznews – Commodity) – Harga minyak sawit di Malaysia turun ke terendah enam minggu pada hari Selasa malam, setelah turun lima sesi berturut-turut karena meningkatnya produksi dan permintaan dari minyak nabati melemahnya.

Harga minyak sawit Desember di Bursa Malaysia Derivatives Exchange turun 2.3% menjadi 2,141 ringgit ($512.20) per ton pada penutupan pasar hari Selasa, penurunan tertinggi selama tiga minggu.

Harga sempat turun 2.5% pada sesi sebelumnya menjadi 2,134 ringgit terendah sejak 8 Agustus.
Produksi minyak sawit di Malaysia membaik demikian juga di Indonesia dan melemahnya harga minyak nabati lainnya merupakan faktor negatif bagi harga minyak sawit.

Pengiriman minyak sawit pada tanggal 1- 20 September turun antara 3.8% dan 10.8% menurut data dari tiga perusahaan pengangkutan minggu lalu. Produksi minyak sawit Malaysia naik 4.6% dari bulan lalu di bulan Agustus menjadi 1.82 juta ton, produksi tertinggi sejak bulan Nopember menurut data dari MPOB ( Malaysian Palm Oil Board) di awal bulan September.

Harga minyak kedelai di CBOT turun 0.6%. dan harga kedelai juga turun pada hari Selasa. Harga minyak kedelai Januari di Dalian Exchange turun 1.2% dan harga minyak sawit Januari di Dalian turun 1.9%.

Analisa tehnikal pada minyak sawit support pertama pada 2,028 ringgit dan berikut di 1,921 ringgit sedangkan resistant pertama di 2,409 ringgit dan berikut ke 2,511 ringgit.

Loni T / Analyst Vibiz Learning Centre – Vibiz Consulting Group

Editor : Asido

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here