Harga Kakao Naik Karena Produksi Kakao Dibatasi

807
kakao, pupuk, tanaman

(Vibiznews – Commodity) Harga kakao naik karena produksi kakao dibatasi di Ivory Coast dan Ghana ditambah dengan adanya  jaminan harga bagi petani.

Harga kakao  Desember di ICE New York naik  $11 (0.45%) menjadi  $2,453 per ton dan Harga kakao Desember di  ICE London naik 0.1%.

Harga kakao naik karena pernyataan dari presiden Ivory Coast Conseil du Café – Cacao mengatakan  Ivory Coast dan Ghana akan membatasi produksi kakao  2019/20, untuk  Ivory Coast membatasi  sebesar 2 MMT , sedangkan  untuk  Ghana belum mengeluarkan plafon produksi.

Peningkatan harga kakao terjadi akibat pengumuman pada hari Jum’at  pemerintah memberikan  jaminan harga untuk kakao sebesar  +6.7%  sejak mulainya panen kakao pada 1 Oktober. Jaminan ini mendorong petani  Ivory Coast untuk meningkatkan produksi  karena harga yang tinggi.  Harga kakao naik karena persediaan ketat , dimana monitoring dari ICE mengatakan persediaan dalam tren turun ke tiga bulan terendah  dan ternyata berada  di  7 ¾ bulan terendahnya di 3.732 juta kantong pada hari Selasa.

Cuaca di Afrika Barat curah hujan tidak merata dan suhunya normal. Di Malaysia dan Indonesia turun hujan dan suhunya masih diatas normal. Persediaan kakao di ICE sebesar 3.750 juta kantong.

Analisa tehnikal untuk kakao dengan support pertama $2,430 kemudian ke $2,370 sedangkan resistant pertama di $2,480 dan berikut ke $2,500.

Loni T / Analyst Vibiz Learning Centre – Vibiz Consulting Group

Editor : Asido

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here