Saham-Saham Eropa Naik Dipimpin Sektor Perbankan, Inggris Tunggu Pemilu Desember

571
Vibizmedia Photo

(Vibiznews – Index) – Saham Eropa diperdagangkan lebih tinggi pada Kamis pagi, setelah menyentuh level tertinggi empat tahun di awal sesi setelah China mengatakan dua negara ekonomi terbesar dunia telah sepakat untuk membatalkan tarif tambahan yang dikenakan dalam perang dagang selama berbulan-bulan.

Pan-European Stoxx 600 naik 0,25% pada akhir pagi, sedikit memangkas kenaikan sebelumnya yang melihat indeks blue-chip Eropa mencapai titik tertinggi sejak Juli 2015. Saham bank melonjak 1,3% untuk memimpin kenaikan sementara utilitas turun 1,1%.

Kementerian Perdagangan China mengatakan pada hari Kamis bahwa Washington dan Beijing selama dua minggu terakhir telah menyetujui penghapusan tarif secara bertahap atas barang satu sama lain yang bernilai miliaran dolar.

Juru bicara Kementerian Perdagangan Gao Feng mengatakan bahwa pembatalan akan penting bagi kedua belah pihak untuk mencapai kesepakatan perdagangan “fase satu”, lapor Reuters.

Sumber mengatakan kepada Reuters pada hari Rabu bahwa penandatanganan kesepakatan “fase satu” yang telah lama ditunggu-tunggu bisa ditunda hingga Desember. Investor telah berharap bahwa kesepakatan awal, yang dapat mengangkat beberapa tekanan dari ekonomi global, dapat ditandatangani pada awal bulan ini.

Menurut laporan, lokasi pertemuan di mana Presiden AS Donald Trump dan pemimpin China Xi Jinping akan menandatangani perjanjian itu telah menambah hambatan dalam persidangan. Reuters mengatakan pada hari Rabu bahwa London sekarang sedang mengambang sebagai tempat yang memungkinkan.

Saham Asia diperdagangkan di wilayah campuran Kamis, Indeks MSCI dari saham Asia-Pasifik, tidak termasuk Jepang, turun 0,3%, dengan banyak indeks wilayah melayang di sekitar garis datar.

Kembali ke Eropa, UE memangkas perkiraan pertumbuhan 2019 untuk zona euro, memproyeksikan bahwa PDB (produk domestik bruto) untuk wilayah beranggota 19 negara akan tumbuh sebesar 1,1% pada 2019, setelah memperkirakan pertumbuhan 1,2% pada Juli.

Komite Kebijakan Moneter Bank of England (MPC) diatur untuk membuat keputusan tentang suku bunga pada hari Kamis. Bank sentral secara luas diperkirakan akan menjaga suku bunga stabil menjelang pemilihan umum Inggris pada bulan Desember, setelah mempertahankan suku bunga pada pertemuan MPC terakhir pada bulan September, melawan tren penurunan suku bunga yang terlihat di antara bank sentral secara global.

Siemens pada hari Kamis melaporkan pendapatan kuartal keempat 24,5 miliar euro, kenaikan 8% YoY, sementara kreditur Jerman Commerzbank mengumumkan kenaikan laba bersih 35% untuk kuartal ketiga. Saham Siemens naik lebih dari 4,5% pada awal perdagangan sementara Commerzbank melayang di sekitar garis datar.

UniCredit Italia naik 6,2% setelah mendukung pedoman setahun penuhnya, melaporkan laba bersih 1,1 miliar euro untuk kuartal ketiga, dan Lufthansa mendukung prospek setahun penuh setelah laba kuartal ketiga maskapai naik 4% menjadi 1,15 miliar euro. Saham Lufthansa melonjak 8,6%.

Saham Arcelormittal naik 6,3% setelah pembuat baja terbesar di dunia melaporkan kerugian kuartalan berturut-turut kedua sebelum bel, tetapi melampaui ekspektasi pendapatan.

Vestas Wind melonjak 11,6% setelah mengalahkan ekspektasi pendapatan kuartal ketiga, sementara Tate & Lyle juga melonjak 7,4% setelah melaporkan kenaikan 45% dalam laba semester pertama dan mendukung pedoman setahun penuhnya.

Di ujung lain dari indeks blue chip Eropa, perusahaan asuransi Inggris Hiscox anjlok 14,1% setelah broker J.P. Morgan dan Jefferies menyoroti cadangan untuk korban bencana dan memangkas target harga mereka untuk saham.

Saham ProSiebenSat.1 turun 4,3% setelah perusahaan media Jerman melaporkan penurunan laba kuartal ketiga dan memperingatkan potensi hit laba pada kuartal terakhir tahun ini.

Selasti Panjaitan/Vibiznews
Editor : Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here