China Minta AS Turunkan Tarif Agar Kesepakatan Fase Satu Terwujud

775

(Vibiznews – Economy & Business) China masih meminta AS untuk menurunkan tarif sebagai bagian dari perjanjian “fase satu”, dalam negosiasi perdagangan antara dua ekonomi terbesar di dunia ini.

“Perang dagang dimulai dengan menambahkan tarif, dan harus diakhiri dengan membatalkan tarif tambahan ini. Ini adalah kondisi penting bagi kedua belah pihak untuk mencapai kesepakatan, ”kata juru bicara Kementerian Perdagangan China Gao Feng pada konferensi pers mingguan Kamis, seperti yang dilansir CNBC.

“Jika kedua belah pihak mencapai perjanjian fase satu, tingkat pengembalian tarif sepenuhnya akan mencerminkan pentingnya perjanjian fase satu,” kata Gao, mencatat delegasi perdagangan kedua negara sedang dalam konsultasi mendalam tentang topik ini.

Ketegangan perdagangan antara AS dan China telah berlangsung selama lebih dari setahun, dengan masing-masing negara mengenakan tarif barang senilai miliaran dolar satu sama lain. Sekarang, kedua negara sedang dalam proses menyegel apa yang disebut kesepakatan “fase satu” untuk mengatasi beberapa poin ketidaksepakatan.

Presiden Cina Xi Jinping dan Presiden AS Donald Trump diperkirakan akan bertemu pada pertengahan November di KTT Kerjasama Ekonomi Asia-Pasifik di Santiago, tetapi Chili membatalkan acara tersebut pada akhir Oktober karena kerusuhan domestik.

Gao tidak secara khusus menanggapi komentar dari Trump Jumat lalu bahwa ia tidak setuju untuk menghapus tarif pada produk-produk China. Juru bicara Kementerian Perdagangan juga tidak secara langsung mengomentari laporan berita bahwa tantangan untuk mencapai kesepakatan perdagangan adalah keengganan China untuk memasukkan jumlah pembelian pertanian AS secara tertulis.

Penjualan produk untuk penjual China dan Amerika di Amazon.com di A.S. telah tumbuh meskipun ada ketegangan perdagangan, menurut data e-commerce dan perusahaan perangkat lunak SellerMotor. Tetapi sementara harga rata-rata untuk produk yang dijual oleh penjual China telah naik 29% antara Oktober 2017 dan Oktober 2019, harga untuk produk yang dijual oleh penjual Amerika naik 35% dibandingkan periode yang sama, data menunjukkan.

Analisis SellerMotor melacak sekitar 1 juta produk di Amazon.com di A.S., setengah dari penjual Amerika, dan setengah lainnya dari penjual Cina.

Asido Situmorang, Senior Analyst, Vibiz Research Center, Vibiz Consulting

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here