Harga Kedelai Naik Setelah Laporan Ekspor USDA

692

(Vibiznews – Commodity) – Harga kedelai dan produknya pada penutupan hari Kamis mixed, untuk kedelai  dan minyak kedelai  naik , sedangkan harga soybean meal  turun. Padahal harga kedelai sedang dalam tren turun tapi pada akhir penutupan pasar terjadi kenaikan.

Harga kedelai  Januari di CBOT  naik  $1.4 (0.16%) menjadi $9.166 per bushel. Harga soybean meal turun $1 menjadi $303.1 dan harga minyak kedelai Januari naik 25 sen menjadi $30.78.

Laporan  USDA  pembelian pribadi  129,000 MT  kedelai  ke Cina untuk pengiriman untuk 2019/20 . Perkiraan ekspor USDA  yang di booking  untuk minggu ini sampai 7 Nopember sebesar  0.08 – 1.4 MMT . Laporan ekspor mingguan diperkirakan sebesar 100 – 350 KT. Sedangkan untuk minyak kedelai diperkirakan 5 -25 KT.  Di Dailan harga soybean meal  Januari naik 42% .

Hampir semua produk kedelai turun karena kondisi cuaca Brazil yang tidak berubah dan permintaan tidak pasti. Hujan lebih banyak turun di Brazil dibanding Argentina.

USDA mengeluarkan laporan mingguan progress penanaman,  panen kedelai sudah mendekati  selesai. Di AS sementara cuaca kering yang sebentar , panen dapat berlangsung dengan cepat sampai selesai.

Pasar sangat dipengaruhi oleh pembicaraan perdagangan antara AS dan Cina, fase pertama perjanjian sudah mendekati di tandatangani  tapi selama perjanjian  belum ditandatangani , para pedagang masih belum mempunyai kepastian untuk bertindak.

Analisa tehnikal  dengan support pertama di $9.10 dan berikut ke $9.06 sedangkan resistant  di $9.22 dan berikut ke $9.25.

Loni T / Analyst Vibiz Research Centre – Vibiz Consulting Group

Editor : Asido

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here