Harga Minyak Ditutup Naik Lebih 3 Persen; Bagaimana Prospek Hari Ini?

484

(Vibiznews – Commodity) Harga Minyak berakhir naik lebih dari 3% pada hari Rabu setelah data persediaan AS  lebih kecil dari yang diperkirakan dan peningkatan ketegangan di Timur Tengah dengan pemberontak Houthi Yaman mengklaim mereka mencegat sebuah pesawat perang Arab Saudi.

Harga minyak mentah berjangka West Texas Intermediate naik ke tertinggi sesi di $ 57,37 sebelum berakhir di $ 57,11 untuk kenaikan 3,4%, atau $ 1,90.

Harga minyak mentah berjangka Brent naik $ 1,56 menjadi $ 62,47.

Persediaan minyak mentah di Amerika Serikat meningkat 1,4 juta barel untuk pekan yang berakhir 15 November, Administrasi Informasi Energi AS mengatakan Rabu, yang kurang dari 1,6 juta barel yang diperkirakan oleh para analis yang disurvei oleh S&P Global Platts. Itu juga di bawah kenaikan 2,22 juta barel minggu sebelumnya

Ketegangan yang meningkat di Timur Tengah juga dapat berdampak pada harga minyak sejak seperlima dari minyak dunia mengalir melalui Selat Hormuz.

Pemberontak Houthi Yaman mengatakan pada hari Rabu bahwa mereka mencegat sebuah pesawat perang Arab Saudi F-15, menurut Reuters. Sebelumnya, Reuters mengatakan pesawat itu ditembak jatuh. Protes di Iran dan Irak juga sedang berlangsung.

Secara terpisah, Presiden Rusia Vladimir Putin mengatakan hari Rabu bahwa ia akan terus bekerja sama dengan OPEC dalam mengurangi produksi, menurut Reuters. Rusia adalah anggota OPEC +.

Pada pertemuan OPEC dan sekutunya Desember lalu, kelompok itu sepakat untuk memotong produksi harian sebesar 1,2 juta barel. Kartel bertemu pada 5 Desember di Wina, dan dapat mempertimbangkan pemotongan yang lebih curam.

Kenaikan Rabu adalah perubahan tajam dari sesi perdagangan Selasa, yang melihat minyak mentah jatuh lebih dari 3% karena kekhawatiran pasokan dan ketidakpastian pada kesepakatan perdagangan AS-China.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan harga minyak berpotensi lemah akibat  pesimisme kesepakatan dagang AS-China seiring munculnya sentimen kesepakatan dagang fase satu gagal ditandatangani. Harga minyak akan bergerak dalam kisaran Support $ 56,60-$ 56,10. Namun jika naik akan bergerak dalam kisaran Resistance $ 57,60-$ 58,10.

Asido Situmorang, Senior Analyst, Vibiz Research Center, Vibiz Consulting

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here