Harga Gula Turun Ke Terendah Satu Minggu

1023
gula

(Vibiznews – Commodity) – Harga gula turun  terendah satu minggu karena melemahnya real Brazil turun ke terendah 4 tahun terhadap dolar

Harga gula Maret di ICE New York turun 14 sen (1.10% ) menjadi $12.73 perpound dan harga gula putih  Maret  di London turun 0.68%.

Harga gula turun ke terendah satu minggu pada penutupan hari Kamis karena kurs Real Brazil kembali melemah turun ke terendah 4 tahun baru terhadap dolar pada hari Kamis. Melemahnya real Brazil membuat penjualan ekspor gula meningkat karena harganya lebih murah bagi pembeli luar negeri.

Harga gula sempat naik karena laporan dari Indian Sugar Mills Association (ISMA) peda hari Rabu bahwa produksi gula India pada 1 Oktober – 15 Nopember turun 64% dari tahun lalu menjadi 485,000 MT. Proyeksi dari ISMA pada 5 Nopember produksi gula India di 2019/20 akan turun 19% dari tahun lalu menjadi 26.85 MMT.

Harga gula Maret sempat naik karena cuaca dingin dan membeku di AS merusak tanaman gula bit. Marex Spectron mengatakan pada hari Senin  bahwa cuaca beku merusak tanaman beet di North Dakota dan Minnesota karena tanaman membeku 12 jam di Lousiana, sehingga mengurangi produksi gula menjadi 1.0 MMT. Dua produsen gula di Lousiana menunda pengiriman gula karena jalanan beku.

Permintaan etanol juga meningkat sehingga harga gula juga naik setelah Unica melaporkan Senin lalu bahwa di Pusat dan Selatan Brazil pabrik etanol menjual 2.1 milyar liter di bulan Oktober naik 5 % dari tahun lalu, mencapai rekor sebulan. Peningkatan penjualan etanol membuat pabrik-pabrik merubah membuat etanol dibanding membuat gula sehingga produksi gula turun dan persediaan gula turun.

Berbeda dengan laporan dari AS, produksi gula beet meningkat ketika France’s Agriculture Ministry meningkatkan perkiraan produksi gula beet menjadi 37.2 MMT dari perkiraan Oktober sebesar 36.9 MMT. Unica juga melaporkan produksi gula Brazil di 2019/20 di bulan Oktober naik 3.3% dari tahun lalu menjadi 25.233 MT.

Cuaca di Brazil hujan tidak merata minggu ini dan  kering pada minggu ini dan pada minggu depan hujan turun tidak merata, suhu masih normal dan di atas normal.

Analisa tehnikal untuk gula dengan support pertama di $12.60 dan berikut ke $12.40 sedangkan resistant pertama di $12.90 dan berikut ke $13.00.

Loni T / Analyst Vibiz Research Centre  – Vibiz Consulting Group

Editor : Asido

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here