Marker Mover 24 Desember : Tweet Donald Trump, Hadiah Menjelang Hari Natal

951

(Vibiznews-Market Mover) Dengan hanya tinggal kurang dari 1 minggu lagi hari yang tersisa di dalam tahun 2019 ini, dan sudah memasuki suasana liburan Natal dan akhir tahun, tidak banyak lagi berita-berita yang menggerakkan pasar.

Memasuki minggu liburan Natal pada minggu ini, pasar lebih optimis mengenai kesepakatan fase pertama antara AS dengan Cina, Brexit dan outlook geopolitik untuk tahun 2020 secara keseluruhan.

Reaksi pasar atas berita-berita Impeachment Presiden Amerika Serikat Donald Trump pada hari Rabu minggu lalu tidak berpengaruh apa-apa dengan para analis mengatakan hal itu hanya berdampak sedikit terhadap investor.

Minat terhadap resiko global tetap tidak terganggu oleh impeachment Presiden Amerika Serikat Donald Trump dengan Senat AS yang dikontrol oleh Republikan diperkirakan secara luas akan mengadakan pemungutan suara menentang dipecatnya Donald Trump dari Gedung Putih.

Bagaimana Dengan Market Mover Pada Minggu Ini ?

Minggu ini adalah minggu yang pendek bagi para trader karena ada liburan Natal pada hari Rabu.
Berita-berita yang mengalir mengenai kemajuan perdagangan AS dengan Cina adalah penggerak utama yang harus diperhatikan pada minggu ini, selain hal mengenai Brexit dan Data Makro Ekonomi AS yaitu Data Order “Durabel Goods” AS, Penjualan Rumah Baru dan Klaim Pengangguran.

Perdagangan AS-Cina
Presiden AS Donald Trump mengirimkan tweet pada hari Jumat minggu lalu bahwa dia mengadakan pembicaraan yang sangat baik dengan Presiden Cina Xi mengenai kesepakatan perdagangan raksasa. Cina telah memulai pembelian berskala besar dari produk-produk agrikultur AS dan lebih banyak lagi. Penandatangan formal sedang diatur. Juga pembicaraan mengenai Korea Utara, dimana Amerika Serikat bekerjasama dengan Cina dan juga mengenai Hong Kong mengalami kemajuan.

Brexit
Dari medan Brexit, semua hal kelihatannya menjadi lebih pasti dengan pemilihan di Inggris menghasilkan mayoritas yang jelas bagi Partai Konservatif yang menunjukkan bahwa kesepakatan Brexit kemungkinan akan diratifikasi pada akhir dari bulan Januari 2020. Satu saja ketidak pastian yang ada adalah hubungan antara Inggris dengan Uni Eropa kedepannya. Ini akan menjadi tema semua pasar pada tahun yang baru 2020 dengan Inggris mendekati penutupan untuk mengadakan kesepakatan perdagangan dengan anggota Uni Eropa lainnya.

Data Makro Ekonomi AS

Tidak banyak data makro ekonomi puncak yang dipublikasikan dari Amerika Serikat pada minggu ini. Sedikit data yang sudah dan akan keluar yang perlu diperhatikan antara lain adalah order “durable goods” dan penjualan rumah baru, dan klaim pengangguran.
1. Order “durable goods” AS yang keluar pada hari Senin kemarin menunjukkan pelemahannya pada bulan November, konsisten dengan investasi di dalam peralatan yang lemah, turun dari sebelumnya 0.5% menjadi -0.2%, dan dibawah dari yang diperkirakan akan kenaikan 0.2%.
2. Penjualan rumah baru AS pada hari Senin muncul di angka 719.000 lebih kecil dari yang diperkirakan sebanyak 730.000.
3. Klaim pengangguran AS yang akan keluar pada hari Kamis, diperkirakan akan membaik dari sebelumnya 234.000, diperkirakan turun menjadi 222.000.

Pengaruh Terhadap Pergerakan Harga Forex & Komoditi
• Dengan pembicaraan perdagangan AS-Cina yang mengalami kemajuan baik dalam kesepakatan perdagangan fase pertama dan prospek kesepakatan fase kedua, maka minat terhadap resiko di pasar meningkat sehingga pasar saham akan naik dan emas kemungkinan akan turun.
• Sedangkan dengan semakin pastinya hal mengenai Brexit, maka Poundsterling kemungkinan akan meningkat.
• Melemahnya data makro ekonomi AS akan membawa tekanan terhadap dolar AS dan dengan demikian akan menaikan pasangan matauang EUR/USD.

Sebagai catatan khusus, tidak ada pergerakan besar yang diperkirakan akan terjadi menuju ke tahun 2020. Volume perdagangan juga akan mengalami banyak penurunan karena hari-hari liburan Natal dan tahun baru. Dengan volume perdagangan yang turun, membawa kepada kesempatan untuk terjadi volatilitas yang lebih besar dalam banyak hal karena bisa ada order dari kedua belah pihak baik beli maupun jual, yang menggerakkan pasar dengan cara yang lebih signifikan daripada yang normal.

Ricky Ferlianto/VBN/Managing Partner Vibiz Consulting
Editor: Asido

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here