IHSG 10 Maret Berakhir Rebound Terbantu Penguatan Bursa Asia

553

(Vibiznews – IDX) IHSG pada Selasa sore (10/03) ditutup rebound, naik 1.64% atau 84 poin ke level 5220.83 terdukung penguatan bursa Asia. Demikian juga dengan indeks LQ45 naik 2.30% atau 18.72 poin ke level 832.47.

Bursa Asia berakhir di zona hijau pada hari ini setelah semua indeks utama saham Asia melonjak terdukung harapan stimulus global.

Presiden A.S. Donald Trump mengatakan dia akan mengambil langkah besar untuk menyeimbangkan ekonomi terhadap dampak virus corona.

Menteri ekonomi Jepang mengatakan pemerintahnya tidak akan ragu untuk mengambil langkah-langkah yang diperlukan dan memadai untuk mengimbangi dampak signifikan terhadap ekonomi domestik dari penyebaran virus corona secara global.

Seorang pejabat kementerian keuangan Jepang mengatakan pihaknya melakukan kontak dengan pemerintahan Trump, yang sedang menyusun paket ekonomi.

Tercatat 251 saham naik dibandingkan 145 saham yang turun dan yang stagnan ada 289 saham. Jumlah saham yang diperdagangkan pada sepanjang hari ini ada sebanyak 6.71 juta lembar saham dengan nilai Rp. 6.59 triliun.

Ada 9 sektor yang ditutup naik dipimpin sektor Keuangan yang naik 2.38%, berikutnya sektor Consumer yang naik 2.19% dan sektor Manufaktur yang naik 1.93%. Sementara sektor yang melemah hanya sektor Agri yang turun tipis 0.04%.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan untuk perdagangan selanjutnya esok hari, IHSG akan mencermati pergerakan bursa Wall Street yang diperkirakan positif seiring harapan munculnya stimulus global seperti paket stimulus Presiden AS Donald Trump untuk mengatasi dampak negatif akibat wabah virus Corona. IHSG diperkirakan bergerak naik menembus kisaran Resistance 5273-5313. Namun jika harga turun akan menembus kisaran Support 5168-5128.

Asido Situmorang, Senior Analyst, Vibiz Research Center, Vibiz Consulting

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here