Harga Karet Tocom Akhir April Ditutup Flat

850

(Vibiznews – Commodity) – Perdagangan karet berjangka di bursa komoditas Tokyo (Tocom) pada sesi Kamis (30/04/2020) ditutup flat atau sama dengan harga penutupan perdagangan sebelum libur kemarin. Harga karet Tocom sempat dibuka menguat 1 persen lebih oleh sentimen rally harga minyak mentah dunia. 

Namun trend perdagangan karet dunia secara luas hari ini bergerak positif setelah perdagangan sebelumnya sempat lemah oleh anjloknya harga minyak mentah. Posisi harga karet yang positif terlihat juga di bursa komoditas Singapura (Sicom) dan China (SHFE) yang ditutup menguat moderat.

Harga minyak mentah dunia terus bergerak kuat beberapa hari terakhir, baik untuk minyak WTI dan juga Brent. Terpantau harga minyak mentah jenis Brent yang menjadi acuan tambahan bagi perdagangan karet di Tocom, kini berada di posisi harga US$24,10 atau menguat 6 persen lebih.

Harga karet alami di Tocom untuk kontrak paling ramai untuk kontrak bulan Oktober 2020 akhir perdagangan  sesi sore ditutup flat  dari akhir perdagangan sebelumnya ke posisi 150.6 yen setelah sempat mencapai posisi tertinggi hari di 152.7 yen dan sempat turun ke posisi  149.8 yen.

Harga karet alami yang banyak diperdagangkan di  bursa Shanghai (SHFE) yaitu kontrak bulan September ditutup dengan harga di posisi 9965 yuan, yang menguat  sekitar 60 yuan atau 0,6% dari posisi sebelumnya.

Demikian juga perdagangan di Sicom, harga karet untuk kontrak berjangka yang banyak diperdagangkan yaitu bulan Juli 2020 naik US$0.7 per ton atau 0,63% ke posisi harga US$111.4.

Jul Allens / Senior Analyst Vibiz Research Center-Vibiz Consulting  

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here