Harga Batubara NewCastle Lanjut Menguat, 3 Hari Berturut

803

(Vibiznews – Commodity) – Perdagangan komoditas batubara di bursa berjangka internasional terpantau sedang menunjukkan  penguatan harga dalam 2 hari  terakhir,   dan kini berlanjut masuki perdagangan bursa ICE Eropa hari Kamis (07/05/2020). Harga batubara NewCastle melompat ke posisi harga tertinggi sejak perdagangan 30 April lalu.

Harga batubara NewCastle untuk kontrak berjangka yang ramai diperdagangkan yaitu kontrak bulan Juni 2020 dibuka pada posisi US$53,25 per ton dan kini bergerak kuat ke posisi US$53.45 yang menguat 0.70 poin atau 1,33% dari penutupan perdagangan sebelumnya yang dalam kisaran US$52,75.

Pergerakan kuat harga batubara mendapat support dari pergerakan naik harga minyak mentah dunia dan juga harga gas alam di pasar komoditas Eropa. Terpantau harga minyak mentah jenis Brent pada perdagangan sesi Eropa naik 4,17%  ke kisaran US$30.95 per barel.

Demikian juga harga gas alam sedang menguat 0,21 persen ke posisi 1.9510/MMBU. Sebagai informasi, permintaan batu bara terkait dengan harga gas alam. Penurunan harga gas bumi menghasilkan permintaan batubara yang lebih rendah.

Secara fundamental, perdagangan batubara mendapat tekanan dari rilis data ekspor impor China bulan April hari ini. Dimana China melaporkan penurunan dua digit dalam impor pada bulan April. Data ini memberikan  prospek suram untuk perdagangan global selanjutnya.

Jul Allens/ Senior Analyst Vibiz Research Center-Vibiz Consulting  

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here