Harga Karet Tocom 19 Mei Sempat Naik ke Posisi Tertinggi 10 Pekan

1083

(Vibiznews – Commodity) – Tingginya harga saham di bursa Jepang pada hari Selasa  (19/05/2020), memberikan keuntungan bagi perdagangan karet di bursa komoditas internasional. Keuntungan ini terjadi oleh posisi pelemahan yen Jepang terhadap dolar AS yang juga mengangkat harga karet Tocom dan juga perdagangan karet di beberapa bursa internasional lainnya. 

Melemahnya yen terhadap dolar AS sebagai aset safe haven dipicu sentimen pasar yang memburu aset resiko setelah lonjakan saham Amerika semalam. Suasana pasar yang kuat tersebut dipengaruhi oleh optimisme dibukanya kembaki kegiatan ekonomi beberapa negara besar serta ditemukannya vaksin anti covid-19 di Amerika Serikat.   

Selain itu juga pergerakan positif harga karet di Tocom dan bursa internasional lainnya didapat dari pergerakan rally harga minyak mentah dunia setelah perdagangan sebelumnya mendapat lompatan harga.

Harga karet alami di Tocom untuk kontrak paling ramai untuk kontrak bulan Oktober 2020 akhir perdagangan  sesi sore ditutup menguat 2,3 yen  atau 1,5%  dari akhir perdagangan sebelumnya ke posisi 153.7 yen, setelah sempat mencapai posisi rendah di posisi  152.9 yen dan posisi tertinggi di 154.4 yang  merupakan harga karet tertinggi sejak akhir Februari.

Demikian untuk harga karet alami yang banyak diperdagangkan di  bursa Shanghai (SHFE) yaitu kontrak bulan September ditutup dengan harga di posisi 10340 yuan, yang naik sekitar 55 yuan atau 0,53% dari posisi sebelumnya. Harga karet di bursa Sicom, untuk kontrak bulan Agustus  alami penguatan US$1,1 atau 0,97% ke posisi US$114.7.

Jul Allens / Senior Analyst Vibiz Research Center-Vibiz Consulting  

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here