Pertumbuhan Ekonomi Inggris Q1 Merosot Terendah 41 Tahun

620

(Vibiznews – Economy & Business) Ekonomi Inggris merosot terendah sejak 1979 pada awal 2020 ketika rumah tangga memangkas pengeluaran mereka, menurut data resmi yang mencakup beberapa hari pertama dari penguncian coronavirus.

Produk domestik bruto turun -2,2% triwulanan pertaman antara Januari dan Maret, Kantor Statistik Nasional (ONS) mengatakan.

Itu di bawah perkiraan median dalam jajak pendapat para ekonom Reuters untuk penurunan -2,0%.

Perdana Menteri Boris Johnson akan menetapkan rencananya untuk mempercepat pemulihan ekonomi Inggris pada hari Selasa nanti ketika ia akan berjanji untuk mempercepat investasi infrastruktur 5 miliar pound ($ 6,13 miliar).

Ekonomi Inggris mungkin telah mengalami kontraksi sebesar 20% pada paruh pertama 2020, Bank of England mengatakan awal bulan ini karena efek penuh dari kuncian itu memukul sebagian besar sektor pada periode April-Juni. BoE mengatakan penurunan ekonomi tahun ini bisa menjadi yang terburuk dalam tiga abad.

Angka-angka Selasa – yang dibangun berdasarkan data yang dirilis sebelumnya untuk kuartal pertama – menunjukkan lonjakan penghematan rumah tangga karena pengeluaran mereka runtuh oleh jumlah terbesar, dalam hal uang, sejak pencatatan dimulai pada 1950-an.

ONS sebelumnya memperkirakan bahwa ekonomi Inggris menyusut dengan rekor 20,4% pada bulan April dari bulan Maret tetapi ada beberapa tanda pemulihan baru-baru ini.

ONS juga mengatakan defisit neraca berjalan Inggris melebar lebih dari yang diharapkan dalam tiga bulan pertama 2020.

Defisit neraca pembayaran – kekhawatiran lama bagi investor karena meninggalkan Inggris bergantung pada arus kas asing – tumbuh menjadi 21,1 miliar pound ($ 25,9 miliar) pada kuartal pertama, dibandingkan dengan perkiraan median 15,4 miliar pound dalam Reuters. jajak pendapat para ekonom.

Mengeluarkan pergerakan volatile emas dan logam mulia lainnya, defisit transaksi berjalan sedikit menyempit, kata ONS.

Asido Situmorang, Senior Analyst, Vibiz Research Center, Vibiz Consulting

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here