PDB Inggris Mei Rebound Tipis 1,8%

752

(Vibiznews – Economy & Business) Ekonomi Inggris hanya naik 1,8 persen pada bulan Mei menyusul penurunan tertajam yang tercatat pada April.

Kenaikan kecil dalam PDB jauh di bawah perkiraan City yang naik lima hingga sepuluh persen dan akan mengurangi harapan pemulihan yang sehat dari dampak kuncian coronavirus.

Ini juga akan meningkatkan tekanan pada Pemerintah Boris Johnson untuk mempercepat kembalinya bekerja dan membuat ekonomi kembali menyala.

Angka May menyusul kontraksi -6,9 persen pada bulan Maret dan rekor -20,3 persen jatuh pada bulan April, satu-satunya bulan penuh kuncian penuh.

Para ekonom telah memperkirakan kenaikan bulanan terbesar dalam PDB pada bulan Mei karena kuncian mulai mereda untuk pertama kalinya di pertengahan bulan.

Namun angka 1,8 persen bahkan tidak mengalahkan 1,9 persen yang tercatat pada Juli 2012 ketika ekonomi didorong oleh pengeluaran selama Olimpiade. Sektor jasa dominan – yang menyumbang empat perlima perekonomian – maju tipis hanya 0,9 persen.

Menteri Keuangan, Rishi Sunak, mengatakan bahwa angka ini menggarisbawahi skala tantangan yang dihadapi, orang-orang menjadi khawatir tentang keamanan pekerjaan dan pendapatan mereka.

Untuk tiga bulan hingga Mei produksi turun -19,1 persen dan ekonomi hampir seperempat lebih kecil dari sebelum pandemi dimulai, memusnahkan pertumbuhan lebih dari 17 tahun. Penurunan sektor terbesar adalah di restoran dan hotel, yang 71,7 persen lebih rendah, dan pendidikan, turun 37,8 persen.

Asido Situmorang, Senior Analyst, Vibiz Research Center, Vibiz Consulting

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here