Harga Minyak Naik Terdukung Penurunan Pasokan AS

1150

(Vibiznews – Commoditry) Harga minyak naik pada hari Rabu (15/07) setelah penurunan tajam dalam persediaan minyak mentah AS, dengan pasar menunggu lebih banyak arahan dari pertemuan mendatang oleh OPEC dan sekutunya.

Harga minyak mentah berjangka West Texas Intermediate AS naik 63 sen, atau 1,6%, menjadi $ 40,93 per barel.

Harga minyak mentah berjangka Brent naik 56 sen, atau 1,3%, pada $ 43,46 per barel,

Dalam tanda membaiknya permintaan meskipun pandemi coronavirus, persediaan minyak mentah AS turun 8,3 juta barel dalam sepekan hingga 10 Juli, mengalahkan ekspektasi analis untuk penurunan 2,1 juta barel, menurut data dari kelompok industri American Petroleum Institute.

Pada pasokan, pasar akan mengamati dengan seksama Komite Pemantauan Gabungan Menteri (JMMC) dari Organisasi Negara-negara Pengekspor Minyak (OPEC) nanti pada hari Rabu.

Anggota kunci OPEC dan sekutu termasuk Rusia, sebuah kelompok yang dikenal sebagai OPEC +, akan memutuskan apakah akan memperpanjang pengurangan produksi 9,7 juta barel per hari (bph) yang berakhir pada Juli atau menurunkannya menjadi 7,7 juta bph.

Pada bulan Juni, OPEC dan sekutunya memberikan kepatuhan 107% dengan pengurangan produksi minyak yang disepakati, sumber OPEC + mengatakan pada hari Selasa.

Sementara itu, OPEC mengatakan dalam laporan bulanannya bahwa permintaan minyak global akan melambung dengan rekor 7 juta barel per hari pada tahun 2021 karena ekonomi global pulih dari pandemi coronavirus meskipun akan tetap di bawah level 2019.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan harga minyak mentah berpotensi naik dengan menurunnya pasokan mingguan AS menurut laporan API. Untuk selanjutnya pasar akan mencermati laporan pasokan mingguan AS yang dirilis oleh EIA malam nanti yang diindikasikan menurun, jika terealisir menurun akan menguatkan harga minyak. Harga minyak diperkirakab bergerak dalam kisaran Resistance $ 41,63-$ 42,21. Namun jika turun, akan bergerak dalam kisaran Support $ 39,52-$ 39,00.

Asido Situmorang, Senior Analyst, Vibiz Research Center, Vibiz Consulting

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here