Harga Batubara Awal Pekan Turun Lagi Karena Rebound Dolar AS

568

(Vibiznews – Commodity) – Ditengah katalis pasar yang menguat, harga batubara pada perdagangan komoditas awal pekan bursa  berjangka internasional masih melanjutkan penurunan. Harga batubara acuan dunia yaitu NewCastle di bursa ICE Eropa yang berakhir Selasa dinihari (25/8/2020) anjlok ke posisi terendah 4 tahun lebih oleh posisi bangkitnya dolar AS.

Harga batubara NewCastle  untuk kontrak batubara  berjangka yang ramai diperdagangkan yaitu kontrak bulan Oktober 2020 di ICE Eropa ditutup anjlok  ke posisi US$49,50. Harga alami penurunan US$0,60 atau 1,20% dari sesi sebelumnya, dan awal sesi berada di posisi US$50.00.

Katalis pergerakan harga batubara di bursa berjangka menguat seperti harga minyak mentah yang melanjutkan penguatan hariannya dengan naik 1% lebih. Demikian juga harga gas alam yang rally kuat hingga naik 3,37%. Namun reboundnya dolar AS memberikan tekanan bagi harga batubara.

Tekanan jual pada perdagangan batubara  pekan ini didominasi oleh kekhawatiran pulihnya ekonomi global, khususnya negara-negara konsumen batubara besar dunia seperti china, india, negara Eropa dan juga AS.

 

Jul Allens/ Senior Analyst Vibiz Research Center-Vibiz Consulting  

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here