Harga Batubara NewCastle Melompat ke Tertinggi 2 Bulan

1456

(Vibiznews – Commodity) – Batubara di bursa komoditas internasional sedang ramai diperdagangkan dengan permintaan yang lebih kuat dari sesi sebelumnya. Harga batubara NewCastle di bursa ICE Eropa yang menjadi acuan dunia melompat ke posisi tertinggi 2 bulan pada akhir sesi, Jumat (18/9/2020).

Perdagangan sebelumnya harga batubara sudah menguat hampir 2 persen dan permintaan kuat batubara selama 3 hari berturut dipicu oleh pergerakan kuat harga minyak mentah dunia yang sudah rally. Harga minyak mentah jenis Brent kini berada di posisi harga tertinggi 2 pekan.

Harga batubara NewCastle  untuk kontrak batubara  berjangka yang ramai diperdagangkan yaitu kontrak bulan Oktober 2020 di ICE Eropa ditutup menguat US$0.50 atau 0,89%   ke posisi US$56,50, tertinggi sejak perdagangan 24 Juli. Pembukaan pasar pada posisi harga US$55.50. 

Secara fundamental kekuatan harga batubara pekan ini juga disupport oleh permintaan batubara dari China yang merupakan konsumen terbesar dunia, serta tanda-tanda berkurangnya pasokan dunia. Sebelumnya juga terjadi permintaan kuat dari Jepang dan juga Eropa.

 

Jul Allens/ Senior Analyst Vibiz Research Center-Vibiz Consulting  

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here