Harga Batubara Awal Pekan Melompat Tinggi oleh Ekspektasi Peningkatan Demand

565

(Vibiznews – Commodity) – Perdagangan batubara di bursa komoditas internasional awal pekan alami lompatan permintaan, hingga membuat harga acuan melonjak ke posisi tertinggi 10 pekan.  Harga batubara NewCastle akhir sesi di bursa ICE Eropa Selasa dinihari (22/9/2020) cetak gain 5 hari berturut.

Sentimen ekspektasi meningkatnya permintaan batubara negara-negara Asia Timur hingga akhir tahun untuk persiapan musim dingin memberikan dorongan investor. Sebelumnya harga diperkuat oleh  peningkatan minat beli China dengan ekspektasi sistem kuota 2021 akan berlaku pada Januari. Kemudian berita terbaru, ada indikasi China kemungkinan melakukan pelonggaran pembatasan impor oleh pasokan pelabuhan impor yang akan merosot.

Harga batubara NewCastle  untuk kontrak batubara  berjangka yang ramai diperdagangkan yaitu kontrak bulan Oktober 2020 di ICE Eropa ditutup menguat US$1.40 atau 2,40%   ke posisi US$58,80, tertinggi sejak perdagangan 7 Juli. Pembukaan pasar pada posisi harga US$58.50. 

Kenaikan harga batubara awal pekan menghiraukan katalis penggerak dari pasar minyak mentah internsional yang sedang alami tekanan jual cukup besar, hingga membuat harga minyak mentah terkoreksi 2 hari berturut.

 

Jul Allens/ Senior Analyst Vibiz Research Center-Vibiz Consulting  

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here