Harga Minyak Turun Tertekan Pelemahan Permintaan

1129

(Vibiznews – Commodity) Harga minyak turun pada hari Selasa (29/09) terpicu kekhawatiran penurunan permintaan akibat pandemi virus corona melebihi harapan untuk paket stimulus AS yang baru.

Lebih dari 1 juta orang telah meninggal karena Covid-19 pada hari Selasa, penghitungan Reuters menunjukkan, dengan kematian dan infeksi melonjak di beberapa negara.

Harga minyak mentah berjangka West Texas Intermediate AS turun 68 sen, atau 1,67%, menjadi $ 39,92.

Harga minyak mentah berjangka Brent turun 56 sen, atau 1,32% menjadi $ 41,87 per barel.

Brent dan WTI pada Agustus mencapai level tertinggi sejak awal Maret di tengah optimisme atas meningkatnya permintaan bahan bakar dan kepatuhan kuat produsen minyak besar dengan pengurangan pasokan yang dijanjikan. Namun sejak itu, keduanya telah turun sekitar $ 3 karena kekhawatiran permintaan.

Investor akan mencari tanda-tanda pertumbuhan permintaan AS dalam data dari American Petroleum Institute pada hari Selasa dan Administrasi Informasi Energi pada hari Rabu.

Lima analis yang disurvei oleh Reuters memperkirakan rata-rata persediaan minyak mentah AS naik 1,4 juta barel dalam sepekan hingga 25 September. Mereka memperkirakan pasokan bensin turun 1,6 juta barel dan persediaan distilasi, yang mencakup solar dan bahan bakar jet, turun 800.000 barel.

Pedagang juga mengawasi perang antara Armenia dan Azerbaijan atas wilayah Nagorno-Karabakh. Jika konflik meningkat, hal itu dapat mempengaruhi ekspor minyak dan gas dari Azerbaijan, kata para analis.

Sementara itu, data Kementerian Keuangan Jepang menunjukkan bahwa impor minyak mentah negara tersebut pada Agustus turun lebih dari 25% dari tahun sebelumnya.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan untuk selanjutnya harga minyak berpotensi lemah tertekan kekhawatiran pelemahan permintaan akibat pandemi virus corona dan kepastian stimulus AS. Harga minyak diperkirakan bergerak dalam kisaran $ 39,30-$ 38,89. Namun jika naik, akan bergerak dalam kisaran Resistance $ 40,26-$ 40,51.

Asido Situmorang, Senior Analyst, Vibiz Research Center, Vibiz Consulting

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here