Harga Minyak Melonjak Seiring Badai Delta Mendekati Teluk Meksiko

829

(Vibiznews – Commodity) Harga minyak melonjak pada hari Kamis (08/10) karena pekerja minyak mengevakuasi kilang di Teluk Meksiko AS menjelang Badai Delta, meskipun kekhawatiran permintaan bahan bakar dan peningkatan persediaan minyak mentah AS.

Harga minyak mentah berjangka West Texas Intermediate AS naik $ 1,13, atau 2,8%, diperdagangkan pada $ 41,09 per barel, setelah jatuh 1,8% pada hari Rabu.

Harga minyak mentah berjangka Brent naik $ 1,18, atau 2,8%, diperdagangkan pada $ 43,17 per barel, setelah jatuh 1,6% pada hari Rabu.

Dengan Badai Delta diperkirakan akan meningkat menjadi badai Kategori 3 dengan kecepatan angin hingga 120 mil per jam (193 km per jam), produsen minyak telah mengevakuasi 183 fasilitas lepas pantai dan menghentikan hampir 1,5 juta barel produksi minyak per hari.

Teluk Meksiko menghasilkan 1,65 juta barel per hari pada Juli, menurut pemerintah AS. Wilayah, yang menyumbang 17% dari produksi minyak mentah AS, telah dilanda beberapa badai selama beberapa bulan terakhir, yang masing-masing hanya mengurangi produksi minyak sebentar.

Kemungkinan bahwa tidak akan ada langkah-langkah dukungan ekonomi yang akan datang muncul karena data pemerintah pada hari Rabu menunjukkan permintaan minyak di kilang AS lebih rendah 13,2% dari tahun sebelumnya, menggarisbawahi penurunan permintaan bahan bakar dari gangguan yang disebabkan oleh pandemi virus corona.

Data Administrasi Informasi Energi pada hari Rabu memang menunjukkan pasokan bensin AS turun lebih dari yang diperkirakan minggu lalu ke level terendah sejak November, dan pasokan distilat juga menurun. Namun, pasokan minyak mentah naik 501.000 barel, karena produksi dan impor naik.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan untuk selanjutnya harga minyak berpotensi naik terpicu kekhawatiran datangnya Badai Delta yang dapat menekan produksi pasokan di Teluk Meksiko AS. Harga minyak diperkirakan bergerak dalam kisaran Resistance $ 41,37-$ 41,67. Namun jika turun, harga akan bergerak dalam kisaran Support $ 40,87-$ 40,66.

Asido Situmorang, Senior Analyst, Vibiz Research Center, Vibiz Consulting

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here