SHPR Triwulan III: Harga Properti Residensial Tumbuh Terbatas; Agak Stabil dari Triwulan II

1112
Vibizmedia Photo

(Vibiznews – Property & Banking) – Survei Harga Properti Residensial Bank Indonesia mengindikasikan harga properti residensial tumbuh terbatas pada triwulan III 2020. Perkembangan ini tercermin dari pertumbuhan Indeks Harga Properti Residensial (IHPR) triwulan III 2020 yang tercatat sebesar 1,51% (yoy), relatif stabil dibandingkan dengan pertumbuhan pada triwulan sebelumnya sebesar 1,59% (yoy). IHPR diprakirakan masih tumbuh terbatas pada triwulan IV 2020 sebesar 1,29% (yoy).

Dari sisi volume, penjualan properti residensial pada triwulan III 2020 masih menurun. Hal ini tercermin dari penjualan properti residensial yang terkontraksi 30,93% (yoy), dibandingkan kontraksi pada triwulan sebelumnya sebesar 25,60% (yoy). Penurunan penjualan properti residensial ini terjadi pada seluruh tipe rumah,” demikian penjelasan resmi Departmen Komunikasi Bank Indonesia kepada media, Kamis (12/11).

Sumber: BI, 12-11-2020

Menurut sumber pembiayaan, hasil survei menunjukkan pengembang masih mengandalkan sumber dari nonperbankan untuk pembiayaan pembangunan properti residensial. Pada triwulan III 2020, pembiayaan pembangunan properti yang bersumber dari dana internal pengembang mencapai 66,87% dari total kebutuhan modal. Dari sisi konsumen, fasilitas KPR menjadi sumber pembiayaan utama dalam pembelian properti residensial dengan pangsa mencapai 76,02% dari total pembiayaan.

Analis Vibiz Research Center melihat pelambatan kenaikan Indeks Harga Properti Residensial (IHPR) triwulan III ini sudah diprediksi sebelumnya, terutama karena factor COVID-19 yang menekan penjualan. Kontraksi pada penjualan property residensial ini, di sisi lain, terlihat juga lebih melambat yakni dari 25,6% di triwulan II kepada 30,9% di triwulan berikutnya. Kemungkinan untuk sepanjang tahun ini masih akan cenderung mengalami kontraksi penjualan properti, tetapi dengan tempo yang melambat.  IHPR dengan demikian akan masih menurun. Suatu rebound diharapkan akan terjadi pada triwulan I tahun 2021.

 

Alfred Pakasi/VBN/MP Vibiz Consulting

Editor: Asido

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here