Harga Kopi Robusta Naik Ke Harga Tertinggi 1 1/2 Bulan

664
kopi Arabika, kopi Robusta

(Vibiznews – Commodity) – Harga kopi pada penutupan pasar hari Rabu naik, dengan harga kopi Arabika naik ke tertinggi 3 ½ minggu dan  kopi Robusta naik ke tertinggi 1 ½ bulan, karena cuaca buruk di Brazil dan Vietnam.

Harga kopi Arabika Desember di ICE New York naik $1.80 (1.68%) menjadi $109.10 dan harga kopi Robusta Januari naik 1.98%.

Harga kopi Arabika hari Rabu naik ke tertinggi 3 ½ minggu karena cuaca kering di perkebunan kopi di Brazil. Data dari Somar Meteorologia pada hari Senin, hujan  turun  di Minas Gerais, perkebunan kopi terbesar di Brazil dengan curah hujan sebesar 8.2 mm pada minggu lalu atau hanya 19% dari rata-rata. Perkebunan  kopi di Minas Gerais menghadapi suhu yang panas dan hujan yang kurang  selama lima bulan terakhir, sehingga tanah menjadi kering dan pemberian air melalui irigasi. Menurut the US Climate Prediction Center pada 24 September cuaca La Nina menyerang Laut Pacific, menyebabkan kekeringan di Brazil pada kuartal ke 4.

Harga kopi Robusta pada hari Rabu naik ke tertinggi  1 ½ bulan karena masalah cuaca di Vietnam. The National Weather Agency in Vietnam mengatakan bahwa di Vietnam’s  Central Highlands, perkebunan kopi terbesar di Vietnam curah hujannya 100 -250 mm pada hari Selasa dan Rabu, karena Badai Tropis Eta yang dapat menyebabkan banjir di perkebunan kopi dan mengurang hasil panen kopi. Topan Molave pada bulan lalu juga menyerang daerah perkebunan dan merusak tanaman kopi dan infrastruktur di Vietnam, sehingga panen kopi tertunda di Vietnam.

Cuaca La Nina membuat musim hujan terjadi di Vietnam’s Central Highland, musim hujan diperkirakan akan berakhir awal Nopember, namun menurut the Buon Ma Thuot Coffee Association, cuaca La Nina akan membuat hujan turun lebih lama diperkirakan sampai akhir Nopember.

Data dari Cecafe pada hari Rabu bahwa ekspor kopi hijau Brazil pada bulan Oktober naik 14.4% dari tahun lalu menjadi 3.8 juta kantong.

Persediaan kopi Arabika menurut monitoring dari ICE pada hari Selasa  naik ke tertinggi 2 ¼ bulan menjadi 1.186 juta kantong berbalik dari jumlah terendah 20 ½ tahun di 1.096 juta kantong pada 5 Oktober, sedangkan persediaan kopi Robusta pada hari Selasa naik ke tertinggi 5 ¾ bulan setelah turun ke terendah 1¾ tahun di 10.808 lot pada 14 Oktober.

Analisa tehnikal untuk kopi Arabika dengan support pertama di $101 dan berikut ke $95 sedangkan resistant pertama di $106 dan berikut ke $111.

Loni T / Senior Analyst Vibiz Research Centre Division, Vibiz Consulting

Editor : Asido

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here