Bursa Eropa Terangkat Harapan Stimulus AS dan Kesepakatan Brexit

753
Vibizmedia Photo

(Vibiznews – Index) Pasar Saham Eropa bergerak sebagain besar naik pada hari Jumat (04/12) mencermati prospek paket stimulus AS dan kesepakatan perdagangan Brexit.

Indeks Stoxx 600 Eropa naik 0,3% pada perdagangan sore, dengan saham minyak dan gas naik 2,6% untuk memimpin kenaikan setelah anggota OPEC + sepakat pada Kamis untuk meningkatkan produksi sebesar 500.000 barel per hari mulai Januari. Saham ritel turun 0,7%.

Indeks FTSE naik 0,79%. Indeks DAX turun tipis -0,04%. Indeks CAC naik 0,35%.

Saham Eropa menerima penyerahan beragam dari Asia-Pasifik setelah Pentagon menambahkan lebih banyak perusahaan China ke daftar hitam yang diduga perusahaan militer China.

Sentimen terpukul Kamis setelah laporan Wall Street Journal mengatakan bahwa tantangan rantai pasokan telah menyebabkan Pfizer memangkas perkiraan peluncuran vaksin virus korona untuk tahun 2020. Namun, Pfizer dan BioNtech berada di jalur yang tepat untuk meluncurkan 1,3 miliar vaksin pada tahun 2021 dan 50 juta dosis kekurangan tahun ini akan ditutup karena produksi meningkat, kata laporan itu.

Sementara itu, Moderna mengatakan pada Kamis bahwa pihaknya akan memasok hingga 125 juta dosis vaksin eksperimentalnya di seluruh dunia pada kuartal pertama tahun 2021.

Saham berjangka AS menunjuk lebih tinggi pada Jumat pagi menjelang laporan pekerjaan utama November yang akan menunjukkan laju pemulihan pasar tenaga kerja di ekonomi terbesar dunia. Investor juga berharap akan kemajuan nyata paket stimulus AS, dengan rencana bantuan virus corona senilai $ 908 miliar.

Kembali ke Eropa, perwakilan dari Inggris dan UE berbicara pada hari Kamis dengan harapan mendapatkan kesepakatan perdagangan sebelum batas waktu 31 Desember. Namun, Financial Times telah melaporkan bahwa Inggris menuduh Prancis membuat tuntutan baru pada detik terakhir, mengurangi kemungkinan kesepakatan yang disepakati pada akhir minggu.

Saham perusahaan farmasi Denmark H. Lundbeck melonjak 6,3% pada sore hari untuk memimpin Stoxx 600 setelah UBS memeringkatnya sebagai pilihan teratas untuk 2021. Di bagian bawah indeks, perusahaan investasi Swedia Latour anjlok lebih dari 12% setelah mayoritasnya pemilik mengumumkan penjualan 10 juta saham di perusahaan.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan untuk selanjutnya bursa Eropa berpotensi naik dengan harapan terwujudnya stimulus fiskal AS dan tercapainya kesepakatan pembicaraan Inggris dan Uni Eropa.

Asido Situmorang, Senior Analyst, Vibiz Research Center, Vibiz Consulting

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here